SALURKAN BANTUAN KE PUSKESMAS SUMBER JEPARA, BUMIL EVANIA TIDAK USAH REPOT KE KOTA



Peningkatan fasilitas Puskesmas Sumber, Kabupaten Jepara, oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada tahun 2018 silam disambut baik oleh masyarakat setempat. Salah satunya Evania Umi, wanita yang sedang hamil 13 minggu tersebut tidak perlu jauh-jauh melakukan pemerikasaan rutin kandungannya.

“Saya rutin periksa kehamilan disini karena pelayanannya bagus, fasilitas lengkap, tenaga kesehatan juga kompeten,” kata Evalina.

Peningkatan layanan kesehatan di Puskesmas Sumber membuatnya mudah untuk mendapatkan akses kesehatan. Dia tidak perlu menempuh 30 kilometer ke Kota Rembang, dan hanya cukup ke puskesmas kecamatan untuk mendapat pelayanan kesehatan.

“Peningkatan pelayanan kesehatan di Sumber sudah bagus. Senang, lebih dekat dengan rumah tidak perlu jauh ke Rembang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang bagus,” ungkapnya.

Hal yang sama juga dirasakan Wasiran, dirinya mengaku Puskesmas Sumber mengalami banyak perubahan sejak diresmikan Gubernur Ganjar pada 2019, lalu. Bukan hanya gedung yang lebih besar, tapi Puskesmas Sumber juga memiliki fasilitas yang lebih memadai dengan pelayanan yang prima.

“Setelah dibangun itu menjadi lebih baik. Ya, fasilitas lebih lengkap dan memuaskan. Kondisinya juga lebih bersih, teratur dan pelayanan dokter sangat baik,” kata Wasiran.

Ia membandingkan, sebelum dibangun ulang oleh Ganjar, bangunan Puskesmas Sumber sangat kecil dan sarana prasarananya kurang memadai. Selain itu, layanan kesehatan di Puskesmas Sumber juga sangat terbatas pada saat sebelum dibangun.

“Kalau dulu pelayanan belum begitu lengkap atau belum begitu baik. Tapi sekarang sudah sangat baik, saya kira Pak Ganjar orangnya baik dan perhatian terhadap layanan kesehatan,” paparnya.

Dilain pihak, tenaga kesehatan Puskesmas Sumber, Baliqis Mursyidah berkisah, dulunya pelayanan kesehatan di tempatnya bertugas terkendala minimnya sarana dan prasarana. Baik ruangan, maupun alat kesehatan.

“Dulunya gedung puskesmas masih kecil, dan kekurangan ruang untuk layanan. Ruang tunggu terbatas, ruang administasi dan lain-lain juga kurang memadai,” kisah Bilqis.

Namun, kondisi itu berubah setelah Puskesmas dilakukan rehab total dengan anggaran Bantuan Pemprov Jateng pada 2018. Selain gedungnya kian besar, berlantai dua, juga ditambah peralatan kesehatan yang memadai.

“Di tahun 2019 diresmikan oleh Pak Ganjar. Sekarang pelayanannya meningkat jauh lebih baik,” terangnya.

Adapun sarana dan prasarana yang ada di Puskesmas Sumber, antara lain poli umum, poli gigi, poli kesehatan ibu dan anak, poli KB, poli ruang kesehatan anak (MTBS), ruang konseling (klinik gizi, klinik sanitarian, berhenti merokok), poli tubercolousis, ruang rawat inap, ruang bersalin, ruang UGD, farmasi, ruang sterilisasi, ruang kantor, dan aula.

Gubernur Ganjar Pranowo mengucurkan bantuan keuangan untuk pembangunan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sebesar Rp 161 miliar selama kurun waktu 2013-2020. Dari dana tersebut, sebanyak 71 puskesmas dengan fasilitas memadai terwujud pada masa pemerintahan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Tidak sekedar membangun Puskesmas, Ganjar menaruh perhatian khusus pada kualitas bangunan. Selain itu, layanan puskesmas diharuskan menjangkau wong cilik, menjadi faskes yang bersifat preventif dan promotif guna pencegahan penyakit.

0 Response to "SALURKAN BANTUAN KE PUSKESMAS SUMBER JEPARA, BUMIL EVANIA TIDAK USAH REPOT KE KOTA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel