Ganjar Siap Membangun Creative Hub Untuk Menyokong Industri Kreatif di Indonesia



Capres 2024 dari PDIP, Ganjar Pranowo konsisten mengembangkan industri kreatif tanah air. Satu di antara yang dilakukan Ganjar di Jawa Tengah dan akan dikembangkan di Indonesia adalah membangun creative hub di seluruh Indonesia.

Hal itu disampaikan Ganjar saat ngobrol santai dengan para artis dan musisi tanah air di acara Extrava Ganjar di Saung Berkah Cibinong Bogor, Sabtu (22/7/2023).

Sejumlah musisi top tanah air juga dalam acara tersebut, antara lain Once Mekel, Anang Hermansyah, Ashanty, Dira Sugandhi, Andre Hehanusa, Marchel, Thariq Halilintar, Young Lex, Ecky Lamoh, John Paul Ivan dan sejumlah artis lainnya.

“Indonesia itu banyak talenta kreatif, tapi memang selama ini industri kreatif masih Jakarta sentris. Sepertinya kita mesti membuat ruang kreasi sebanyak-banyaknya agar kreativitas anak muda bisa tersalurkan,” kata Ganjar.

Ganjar pun menceritakan apa yang dikerjakannya di Jateng, dengan membuat pusat industri kreatif atau creative hub yang menjadi tempat bagi anak-anak muda kreatif untuk menyalurkan bakat dan minatnya.

“Kita harus buat lebih banyak creative hub, agar anak-anak di pelosok desa juga bisa mendapatkan ruang. Saya kemarin ketemu musisi Aftershine, mereka musisi dari Bantul tapi sekarang terkenal. Atau cerita Putri Aryani yang sekarang menjadi musisi top. Saya yakin di luar sana masih banyak musisi kreatif di luar sana seperti mereka,” jelasnya.

Ganjar membenarkan, bahwa industri kreatif harus dioptimalkan saat ini. Sudah banyak negara lain yang besar karena mengembangkan industri kreatif.

Korea misalnya, semua yang ada di sana lanjut Ganjar sekarang menjadi sumber ekonomi. Musik, budaya, sampai skincare laku dijual dan menjadi penghasilan negara.

“Industri kreatif itu akan bisa jadi new ekonomi yang sangat menjanjikan. Jadi selain optimalisasi sumber daya alam, sudah saatnya kita mengembangkan sumber daya manusia agar industri kreatif bisa muncul. Dan creative hub adalah salah satu caranya,” pungkasnya.

Apa yang disampaikan Ganjar ini mendapat respon positif dari sejumlah artis dan musisi ternama tanah air. Mereka yakin bahwa Ganjar sosok pemimpin yang tepat melanjutkan tongkat kepemimpinan Indonesia.

“Pak Ganjar itu mengerti persoalan sehingga membuat kita lebih percaya bahwa Pak Ganjar akan melakukan sebuah aksi atau program-program yang benar-benar gerak cepat dalam hal industri kreatif. Kita berharap banget Pak Ganjar bisa mempercepat segala sesuatu yang sudah dimulai. Saya percaya, kalau Pak Ganjar itu memimpin, musik Indonesia akan sangat cerah,” kata Once Mekel, pelantun lagu Dealova.

Hal senada disampaikan penyanyi rapper, Young Lex. Ia mengatakan bahwa Ganjar memiliki bukti konkret dalam upaya pengembangan industri kreatif tanah air.

“Pak Ganjar Pranowo tidak hanya mau mendengarkan para musisi, tapi juga telah melakukan banyak hal terkait industri kreatif ini. Ya meski skalanya masih di Jawa Tengah, tapi menurut saya itu bukti konkret keseriusan beliau untuk memajukan industri kreatif tanah air. Dan mungkin itu bisa dibawa ke skala lebih tinggi yakni di Indonesia,” katanya.

0 Response to "Ganjar Siap Membangun Creative Hub Untuk Menyokong Industri Kreatif di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel