Berikut Kesuksesan Ganjar Pranowo Dalam Membangun Ekonomi Jateng Bersama Kelompok UMKM



Saat menjabat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar telah berhasil mengukir prestasi luar biasa dalam mengangkat perekonomian masyarakat.

Salah satunya terlihat dari data per tahun 2022 terkait adanya 178.821 UMKM di Jawa Tengah, yang memiliki omset total mencapai Rp 68,48 triliun. Jumlah tenaga kerja UMKM binaan di Jawa Tengah itu sebanyak 1,32 juta orang pada tahun 2022.

Keberhasilan ini juga tercermin dalam ekspor produk UMKM Jawa Tengah yang tak hanya ke pasar nasional. Namun dapat merambah ke pasar internasional, seperti Singapura, Jepang, dan Eropa.

Ganjar juga menyediakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi pelaku usaha kecil dengan tiga persen per tahun. Program ini diluncurkan dengan menggandeng Bank Jateng. Berkat program ini, Jateng meraih penghargaan sebagai penyalur KUR terbaik tingkat nasional. Selama 2022, Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah mencatat, nilai penyaluran kredit usaha rakyat sebanyak Rp. 65,5 triliun.

Tak hanya itu, Ganjar juga membangun Hetero Space untuk mewadahi karya anak muda dan pengembangan UMKM di Semarang, Solo dan Banyumas.

Hetero Space melibatkan ribuan anggota dengan 3.000 anggota. Jumlah pengunjung tercatat sebanyak 13.000 orang, 500 komunitas lokal, 300 program dan 1.000 event. Kemudian melibatkan 15.000 UMKM, 2.500 startup, 100 perusahaan dan 250 ribu orang telah mendapat keuntungan.

Prestasi luar biasa dalam membangun ekonomi dan mendorong pertumbuhan UMKM menjadikan Ganjar Pranowo sebagai figur yang dinantikan dalam perjalanan politik sebagai bakal calon presiden yang potensial.

Prestasi dan dedikasi Ganjar dalam membangun ekonomi inklusif dan berkelanjutan di Jawa Tengah telah menuai banyak apresiasi. Dengan catatan prestasi yang gemilang ini, perhatian publik semakin tertuju pada peran Ganjar dalam pembangunan nasional di masa depan.

0 Response to "Berikut Kesuksesan Ganjar Pranowo Dalam Membangun Ekonomi Jateng Bersama Kelompok UMKM"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel