Berikut Pesan Ganjar Pranowo Pada Akhir Masa Jabatannya Sebagai Gubernur Jawa Tengah



Integritas dan pelayanan kepada masyarakat harus dikedepankan ketimbang terjebak dalam korupsi.

Integritas dan pelayanan tersebut harganya jauh lebih mahal dan mulia daripada korupsi sesaat.

Seperti disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada segenap pegawai dan aparatur sipil negara di lingkungan Pemeritahan Provinsi Jawa Tengah, pada Senin 4 September 2023 lalu.

Pesan tersebut Ganjar sampaikan di sela-sela pamitannya dengan segenap pegawai dan aparatur sipil negara yang sudah menemaninya mengabdi selama kurang lebih 10 tahun.

“Selamat bekerja ya, jaga selalu integritas, jangan korupsi. Harus juga mau jemput bola untuk menangani masalah sosial. Masyarakat membutuhkan kita,” kata bakal calon Presiden dari PDI Perjuangan tersebut.

Seperti diketahui, selama masa pemerintahan Ganjar di Provinsi Jawa Tengah, pria asal Karanganyar tersebut tegas memberantas praktik korupsi di lingkungan birokrasi. Dia mengusung slogan “Mboten Korupsi, Mboten Ngapusi,” untuk mengingatkan birokrat fokus pada pelayanan, dan bukan memelihara praktik korupsi yang merugikan diri sendiri dan masyarakat.

Atas upaya serius memberantas korupsi tersebut, Ganjar mendapat berbagai penghargaan, di antaranya penghargaan “Anugerah Antikorupsi” yang diberikan oleh Transparency International Indonesia (TII) pada tahun 2022, dan sejumlah penghargaan lainnya, termasuk dari Komisi Pemberantasan Korupsi.

Pada moment perpisahan tersebut, Ganjar menyapa semua orang dengan ramah di hampir setiap ruangan. Pamitan Ganjar itu dipenuhi tawa dan canda. Para pegawai berebutan foto, bahkan ada yang meminta tanda tangan Ganjar di kaos tim Machester United. “Mumpung belum jadi RI1,” celetuk seorang pegawai yang begitu antusias berfoto.

Masa jabatan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berakhir pada 5 September 2023 dan posisinya diisi oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jateng yang telah ditunjuk, yakni Nana Sudjana. Serah terima dan pelantikan Pj Gubernur Jateng dilakukan pada 5 September 2023 di Jakarta.

Masyarakat Jawa Tengah tentu saja akan mengingat sepak terjang Ganjar selama 10 tahun dalam memberantas korupsi. Dia tidak segan-segan menegur kontraktor, melakukan inpeksi ke sekolah-sekolah, memberantas pungutan liar, demi menegakkan birokrasi yang bersih dan masyarakat maju.

Setelah selesai masa jabatannya, Ganjar akan fokus pada pencalonannya pada Pemilu 2024. “Insyaallah nanti setelah tanggal 5, saya akan lebih rajin dolan, karena sudah bebas jadi gubernur,” pungkas Ganjar.

0 Response to "Berikut Pesan Ganjar Pranowo Pada Akhir Masa Jabatannya Sebagai Gubernur Jawa Tengah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel