Ganjar Pranowo Berikan Skor Tinggi Terhadap Kebebasan Berpendapat Di Indonesia



Bacapres Ganjar Pranowo berbicara soal kebebasan berpendapat dalam acara bertajuk ‘Tiga Bacapres Bicara Gagasan’ di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada (UGM), Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (19/9/2023). Ia pun memberikan nilai sebesar 7,5.

“(Skornya) 7,5. Saya tiap hari dibully kok, saya menuntut mereka? Tidak, karena paradigma berpikir saya, mereka yang meneriaki saya, mereka membully saya, saya waktu itu sebagai gubernur, mereka sedang memberi energi buat saya, tidak saya penjarakan kok,” kata Ganjar.

Ganjar mengatakan sekeras apapun orang mengkritik, sampai hari ini masih bisa menghirup udara bebas di Indonesia. Selain itu, ia juga meyakini bahwa usai acara ini dirinya pun pasti jadi sasaran komentar pedas.

Mari kita lihat yang ngomong sekeras apapun sampai hari ini dipenjara? Tidak, diterima. Apakah saya akan menuntut? No, tidak,” kata dia.

Kalaupun ada yang diproses hukum, tentu itu ada pihak lain yang melaporkan ke aparat hukum, tanpa ada arahan dari dirinya. Selain itu aparat pun juga punya mekanisme tersendiri, ada juga kasus-kasus yang tidak masuk delik aduan, bisa langsung diproses ketika ditemukan indikasi pelanggaran hukumnya.

“Saya tidak menuntut, tapi ketika aparat penegak hukum katakan, maka hukum dengan sistemnya akan punya tempat melakukan appeal, dia mau banding, dia mau kasasi,” ujarnya.

Meski bebas berpendapat, Ganjar juga meminta masyarakat tetap menjunjung tinggi nilai budi pekerti. Jangan menggunakan kata-kata yang tidak pantas dalam menyampaikan pendapat dan kritik terhadap suatu hal.

0 Response to "Ganjar Pranowo Berikan Skor Tinggi Terhadap Kebebasan Berpendapat Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel