Ganjar Pranowo Laksanakan Ziarah Makam ke KH Utsman Al Ishaqi di Surabaya



Bacapres PDIP, Ganjar Pranowo melakukan ziarah ke makam Hadhratussyaikh KH Muhammad Utsman Al-Ishaqi di kompleks Ponpes Darul Ubuddiyah Raudlatul Mutaallimin, Jatisrono, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (22/9/2023).

Bersama istri, Siti Atikoh, Ganjar tiba di daerah Jatisrono Surabaya sekira pukul 11.00 WIB. Usai salat Jumat, Ganjar ziarah ke makam mursyid Thariqat Naqsabandiyah sekaligus penggagas manaqiban itu didampingi dua cucu Kiai Utsman, yakni KH Luqman Hakim dan KH Djardjis Al Ishaqi.

Ganjar dan istri begitu khidmad berdoa di depan makam ulama yang dikenal memiliki karomah itu. Ziarah dipimpin oleh KH Abdul Muiz Aziz atau Gus Muiz, pengasuh Po pes Al-Aziziyyah Denanyar Jombang. Sementara yang memimpin doa adalah KH Luqman Hakim dan KH Djardjis Al Ishaqi.

“Iya hari ini ziarah ke makam Hadhratussyaikh KH Muhammad Utsman Al Ishaqi. Dan cucu-cucu beliau mendampingi sambil menceritakan betapa besar peran beliau dalam hal agama dan kemasyarakatan,” kata Ganjar.

Kiai Utsman, lanjut Ganjar, dikenal sebagai ulama yang sangat berpengaruh dan dihormati. Bahkan santri-santri beliau tidak hanya dari berbagai daerah di Indonesia, namun juga berasal dari luar negeri.

“Dan beliau mengamalkan ilmunya untuk pengembangan agama Islam, pendidikan, kemasyarakatan, membentuk karakter hingga mental masyarakat. Keberadaan beliau betul-berul memberikan manfaat terhadap orang banyak,” katanya.

Untuk itu, Ganjar mengatakan mendapat ilmu dari ziarah makam ulama yang dipercaya sebagai keturunan Rasulullah itu. Ia belajar bagaimana Kiai Utsman berperan dalam hal kemasyarakatan.

“Kita banyak belajar pada beliau, bagaimana menggerakkan masyarakat. Ilmu agamanya tentu tidak diragukan, tapi ilmu kemasyarakatan beliau sungguh menyejukkan,” ucapnya.

Meskipun, lanjut Ganjar, masih banyak pengajaran Kiai Utsman yang belum selesai. Dari dua cucunya, ia mendapat informasi bagaimana keinginan Kiai Utsman agar kesejahteraan masyarakat meningkat, adanya penataan kawasan, hingga masa depan pesantren dan nasib guru ngaji.

“Di sinilah peran pemerintah ikut terlibat, sehingga nantinya ulama dan umaro berjuang demi kepentingan masyarakat,” tuturnya.

0 Response to "Ganjar Pranowo Laksanakan Ziarah Makam ke KH Utsman Al Ishaqi di Surabaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel