Ganjar Pranowo Mendapatkan Doa dan Dukungan Dari Penyandang Disabilitas



Novita (35) seorang penyandang disabilitas menyampaikan rasa optimisnya kepada Bakal Calon Presiden (bacapres) dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo saat dia mengunjungi Badan Unit Usaha Mandiri Pospera, Kamis (28/9/2023).

Novita tampak bersemangat saat menunjukkan kepada Ganjar, bahwa ia dan puluhan penyandang disabilitas yang bekerja di tempat itu bisa hidup mandiri dan bekerja laiknya orang normal pada umumnya.

“Siapa bilang disabilitas tidak bisa. Kami pasti bisa dan kami mampu,” kata Novita pada Ganjar.

Tiba di Bumi Pospera sekira pukul 11.00 WIB, Ganjar langsung disambut puluhan penyandang disabilitas dengan suka cita. Mereka berebut menyalami Ganjar dan meminta foto bersama.

Ganjar kemudian diajak Novita berkeliling melihat kegiatan puluhan penyandang disabilitas tunarungu yang bekerja di tempat itu. Mereka bekerja di berbagai unit usaha, antara lain cuci mobil, bengkel mobil, salon mobil dan kedai kopi.

“Mereka itu semuanya teman-teman disabilitas tunarungu pak. Meski mereka difabel, tapi mereka bisa bekerja dengan baik dan terampil. Sama dengan orang normal lainnya,” jelas Novita menggunakan bahasa isyarat dan kata yang terbata-bata.

Ganjar pun tersenyum bangga sambil mengacungkan dua jempolnya kepada para penyandang disabilitas yang bekerja dengan penuh semangat itu. Ia pun meminta sopirnya agar mobil pribadinya dicuci dan mencicipi kopi buatan barista di kafe itu.

“Wah kebetulan ini, tolong mobil saya dicucikan ya. Berapa kalau cuci mobil di sini,” tanya Ganjar.

Menggunakan bahasa isyarat, mereka menjawab bahwa harga cuci mobil di sana Rp35.000. Dengan semangat para penyandang disabilitas itu mencuci mobil Ganjar. Ganjar tampak tamak tersenyum bangga, mereka mereka bekerja dengan sangat baik dan rapi.

“Kamu keren, makasih ya,” ucap Ganjar sambil mengacungkan dua jempolnya.

Setelah itu, Ganjar berkeliling melihat sejumlah unit usaha yang ada di tempat itu. Cukup lama Ganjar berkeliling menyapa para penyandang disabilitas yang sedang bekerja.

Setelah itu, Ganjar ngopi bersama dan mendengarkan curhatan para penyandang disabilitas yang berisi doa dan harapan padanya.

Banyak isu yang dibahas dalam obrolan tersebut. Di antaranya, harapan para penyandang disabilitas mendapatkan perhatian dari pemerintah terkait pekerjaan, akses pendidikan, pelatihan dan lainnya.

Mereka juga mendoakan Ganjar agar menjadi pemimpin masa depan yang peduli pada kelompok disabilitas. “Banyak di antara kami yang menganggur karena sulit mendapatkan pekerjaan. Banyak perusahaan yang tidak mau menerima peyandang disabilitas untuk bekerja,” kata Reza Fahmi (40) penyandang disabilitas lainnya pada Ganjar.

Padahal, lanjut Reza, para penyandang disabilitas tidak beda dengan masyarakat lain. Mereka juga bisa bekerja dengan baik seperti lainnya, meski memiliki keterbatasan.

“Makanya kami senang sekali bisa bertemu pak Ganjar hari ini. Kami mengenal pak Ganjar sejak lama dan kami tahu Pak Ganjar sangat peduli pada kelompok disabilitas. Kami berharap pak Ganjar bisa jadi presiden dan bisa memperluas akses disabilitas agar bisa mandiri,”katanya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengapresiasi kelompok disabilitas yang tergabung dalam Badan Usaha Mandiri (BUMI) Pospera yang semangat untuk hidup mandiri. Mereka bekerja dengan giat dan membuktikan bahwa mereka setara.

“Tentu saya mengapresiasi semangat teman-teman yang mau mandiri dan bekerja. Tentu mereka butuh pendampingan, maka negara harus hadir dalam hal ini,” jelasnya.

Selain pendampingan, akses pendidikan lanjut Ganjar juga harus diperhatikan. Sudah saatnya, semua sekolah di Indonesia menjadi sekolah inklusi agar bisa menampung kelompok disabilitas mengenyam pendidikan.

“Banyak juga yang mengeluh sulit mendapat pekerjaan. Selain kita latih untuk mandiri seperti ini, sepertinya penting juga negara melakukan tindakan afirmatif. Pemerintah sepertinya harus memaksa pengusaha agar memberikan kuota pekerja bagi teman-teman penyandang disabilitas ini,” pungkasnya.

Seperti diketahui, saat menjabat sebagai Gubernur Jateng, Ganjar sangat memberikan perhatian kepada para penyandang disabilitas. Antara lain dengan memfasilitasi para penyandang disabilitas untuk mendapatkan ketrampilan melalui kegiatan pelatihan.

Ganjar juga selalu melibatkan forum disabilitas dalam kegiatan musyawarah rencana pembangunan wilayah (musrenbangwil) di setiap tempat.

0 Response to "Ganjar Pranowo Mendapatkan Doa dan Dukungan Dari Penyandang Disabilitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel