Ganjar Pranowo Pada Kuliah Kebangsaan di UI : Pemimpin Harus Memberikan Rasa Optimisme



Ganjar Pranowo menilai, seorang pemimpin harus memberikan optimisme. Ia pun merasa wajar jika hasil kinerja pemimpin itu tak bisa memuaskan seluruh pihak.

Hal itu disampaikan Ganjar saat isi Kuliah Kebangsaan FISIP UI bertajuk “Hendak ke Mana Indonesia Kita?” di Gedung Balai Serbaguna Purnomo Prawiro, dikutip dari okzone.com pada Senin (18/9/2023).

“Pemimpin harus memberikan optimisme, data dan fakta boleh disajikan dan pemimpin bukan malaikat yang bisa menyelesaikan dengan seluruh kesempurnaan. Tidak ada itu,” tutur Ganjar.

Ia pun merujuk akan kinerja pemerintahan Indonesia. Menurutnya, capaian Indonesia tak terlalu buruk meskipun masih ada PR di sejumlah sektor.

“Bahwa ada problem tadi, korupsi iya. Ada problem layanan publik yang buruk, nanti saya diskusikan,” ucap Ganjar.

Ia pun mendengar dan berbagai cerita dengan stakeholder seperti dalam forum KTT ASEAN beberapa waktu lalu. Ia merasa beruntung bisa berbincang dengan menteri ekonomi negara ASEAN.

“Tapi berbicara di ASEAN rasa-rasanya butuh tendangan yang lebih keras. Organisasi ini bisa enggak ya menambah nilai bagi kawasan, ketika India tidak mau lagi mengekspor berasnya, Vietnam dan Thailand jadi produsen yang cukup tinggi. Indonesia pun cukup tinggi tapi masih kurang,” ucap Ganjar.

“Maka apa sebenarnya yang kita lakukan untuk bisa berkontribusi untuk bisa membuktikan bahwa G20 kita mendapatkan peran penting, ASEAN kita mendapatkan peran yg cukup penting.

Artinya roadmap kita dalam politik global tidak terlalu buruk,” pungkasnya.

0 Response to "Ganjar Pranowo Pada Kuliah Kebangsaan di UI : Pemimpin Harus Memberikan Rasa Optimisme"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel