Puluhan Tukang Sapu Hampiri Ganjar Pranowo di Puri Gedeh



Rombongan penyapu jalan di Kota Semarang mendatangi Ganjar Pranowo di Rumah Dinas Gubernur Jateng Puri Gedeh, Minggu 3 September 2023.

Sebelumnya, puluhan penyapu jalan di Semarang itu sepakat ingin mengucapkan terima kasih kepada Ganjar Pranowo, yang akan purna tugas, Senin 5 September 2023.

Penyapu jalan sangat berterima kasih lantaran selama 10 tahun memimpin Jawa Tengah, telah banyak membuat terobosan dan program yang bermanfaat untuk masyarakat. Di antaranya adalah Program Tuku Lemah Oleh Omah. Dengan program ini, banyak rakyat kecil bisa mewujudkan impian mereka untuk memiliki rumah sendiri.

Para penyapu jalan itu datang dengan membawa serta oleh-oleh berupa hasil bumi. Meski nilainya tak seberapa, itu sebagai bentuk ungkapan cinta mereka kepada Ganjar Pranowo.

Kebahagiaan mereka bertambah, lantaran saat mereka datang, kebetulan chef Bonbon Santoso juga berada di Puri Gedeh dan sedang memasak. Tak ayal, sebagian hasil bumi itu dimasak untuk hidangan makan bersama.

Chef Bonbon membuat berbagai hidangan, termasuk tumpeng. Seorang penyapu jalan di Kota Semarang, Umi, sangat terharu setelah mendapat potongan tumpeng dari Ganjar.

Rupanya, ia merupakan satu di antara penerima manfaat program Tuku Lemah Oleh Omah yang digagas Ganjar Pranowo. Berkat program kerakyatan Ganjar, Umi yang telah bertahun-tahun jadi penyapu jalan bisa mempunyai tempat tinggal sendiri.

“Terkesan sekali bisa bertemu sama Pak Ganjar. Tadi beliau memilih ibu-ibu penyapu jalan, terus saya yang dikasih (potongan) tumpeng itu,” ujar Umi ditemui di Puri Gedeh.

Sebagai penyapu, Umi biasa bertugas di Jalan Pemuda, Kota Semarang. Selama tujuh tahun menjadi penyapu jalan, Umi tak jarang bertemu Ganjar. Kala itu ia sedang menyapu, sementara Ganjar berolahraga pagi.

Selain menyempatkan diri untuk bertegur sapa, tak jarang pula Ganjar memanggil para penyapu jalan lain untuk diberi sedekah atau bingkisan.

“Pak Ganjar orangnya ramah sekali dan mengayomi sekali. Sama tukang sapu jalan perhatian banget, kami sering diberi sedekat atau bingkisan dari beliau,” ujar Umi, yang kini masih tinggal di Rusunawa Kaligawe, menunggu rumahnya yang akan dibangun pada November 2023.

Martini, seorang penyapu jalan lain, mengaku senang karena berkesempatan makan bareng dengan Ganjar Pranowo di Puri Gedeh. Menurutnya, itu momen yang langka dan spesial sekali. Namun dalam waktu yang sama ia juga sedih karena ternyata Ganjar Pranowo sudah akan purna tugas sebagai Gubernur Jawa Tengah.

“Senang makan bareng Pak Ganjar, bahagia. Terus sedih ternyata Pak Ganjar itu sudah mau lengser (dari gubernur),” ujarnya.

Martini yang biasa bertugas di Jalan Ahmad Yani itu kemudian menyampaikan harapannya, agar pengganti Ganjar adalah sosok yang sama-sama merakyat dan peduli wong cilik.

“Harapanku semoga ada pengganti yang seperti Pak Ganjar. Semoga Pak Ganjar sehat dan sukses selalu,” kata warga Tandang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang itu.

0 Response to "Puluhan Tukang Sapu Hampiri Ganjar Pranowo di Puri Gedeh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel