Berikut Kisah Harmoni Antara Ganjar Pranowo dan Para Ulama



Ganjar Pranowo dikenal dekat dengan tokoh agama dan ulama. Ganjar sering mengunjungi ulama dan tokoh agama, baik yang besar maupun kyai-kyai kampung di sela kegiatan di kabupaten/kota.

Ganjar menegaskan bahwa dia akan tetap menggandeng ulama dan tokoh agama dalam pembangunan Indonesia jika kelak ia dipercaya menjadi presiden.

Menurutnya, ulama dan tokoh agama memiliki peran sangat penting dalam penentuan kebijakan demi kesejahteraan jutaan masyarakat Indonesia.

Dia juga mengakui bahwa banyak persoalan waktu dia menjadi gubernur yang selesai dengan bantuan ulama dan tokoh agama.

“Kalau ada persoalan rumit dan ini membutuhkan perhatian banyak orang, saya selalu bertanya pertama pada tokoh agama dan ulama. Mereka selalu memberikan masukan yang menyejukkan dan itu menyelesaikan persoalan,” kata Ganjar.

Cara itu, lanjut Ganjar, turut membantu keberhasilan kepemimpinannya selama dua periode menjabat Gubernur Jawa Tengah. Dan Ganjar terus mempertahankannya.

“Para ulama dan tokoh agama itu banyak memberikan petuah dan masukan dengan cara yang menyejukkan. Dan ketika berkaitan dengan kemasyarakatan, dengan melibatkan para ulama dan tokoh agama ini, keteduhan muncul. Masyarakat merasa tenang,” kata dia.

Pengalaman di Jawa Tengah, lanjut Ganjar, menunjukkan bahwa partisipasi ulama dan tokoh agama memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat.

Ganjar mengaku mendapat banyak bantuan karena adanya ulama dan tokoh agama yang mendampinginya.

Adapun dalam survei Indikator Politik pada Juli 2023 lalu. Ada sekitar 43,5 persen responden yang mengaku sebagai warga NU mendukung Ganjar Pranowo, 31,6 persen mendukung Prabowo Subianto dan dukungan terhadap Anies Baswedan 20 persen.

Sementara itu, para responden yang mengaku warga Muhammadiyah memberikan dukungan ke Ganjar Pranowo 36,4 persen, Anies Baswedan 32,2 persen dan Prabowo Subianto 28,5 persen.

Ganjar juga akrab dengan KH Maemoen Zubaer di Pondok Pesantren Al Anwar Sarang Rembang, KH HM Sya’roni Ahmadi yang merupakan Pengasuh Majelis Tafsir Masjid Al Aqsa Menara Kudus, KH Munif Zuhru Demak, dan KH Dimyati Rois Kendal.

Jadi, bisa dikatakan bahwa Ganjar Pranowo memiliki hubungan yang dekat dan menghargai peran ulama dalam masyarakat.

0 Response to "Berikut Kisah Harmoni Antara Ganjar Pranowo dan Para Ulama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel