Ganjar Pranowo dan Mahfud Resmi Mendaftar Menjadi Capres dan Cawapres Menuju Pilpres 2024



Ganjar Pranowo dan Mahfud MD masuk ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk mendaftar sebagai calon presiden dan calon wakil presiden, Kamis (19/10/2023) pukul 12.40.

Pasangan Ganjar-Mahfud diusung PDIP, PPP, Perindo, dan Partai Hanura.

Para ketua umum partai politik pengusung turut mendampingi Ganjar-Mahfud untuk bertemu jajaran pimpinan KPU RI.

Di lantai 2 kantor yang beralamat di Jalan Imam Bonjol itu, mereka menyerahkan dokumen persyaratan pendaftaran bakal capres-cawapres ke KPU RI.

Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri, memercayakan KPU melakukan seluruh verifikasi terhadap dokumen-dokumen pendaftaran Ganjar-Mahfud.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik dengan penyelenggara Pemilu. Pada kesempatan ini kami juga mengapresiasi atas berbagai kemajuan yang telah dilakukan KPU, Bawaslu, dan DKPP sehingga proses pendaftaran ini dapat berjalan dengan baik,” kata Megawati.

“Kami berharap agar pemilu benar-benar dapat dilaksanakan dengan lebih demokratis jujur, adil, langsung, bebas, dan rahasia, serta menempatkan rakyat sebagai pemenang kedaulatan tertinggi dalam menentukan pemimpin nasionalnya secara bebas dan merdeka,” ucap Megawati.

Ganjar menyampaikan harapannya agar KPU bersikap independen di tengah kontestasi.

“Mudah-mudahan KPU akan menjadi wasit yang insyaallah pasti paling netral, pasti paling bisa memberikan layanan terbaik dan kita persembahkan untuk kemajuan bangsa dan negara,” kata dia.

Setelah mendaftar, Ganjar-Mahfud dijadwalkan menjalani pemeriksaan kesehatan menyeluruh yang difasilitasi KPU RI pada Minggu (22/10/2023) di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Sejalan dengan itu, KPU RI akan melakukan pemeriksaan/verifikasi terkait dokumen persyaratan pendaftaran yang diserahkan pada hari ini. Jika ada dokumen yang tidak memenuhi kelengkapan, KPU RI mempersilakan bakal capres-cawapres dan tim untuk menyerahkan dokumen perbaikan pada 26 Oktober hingga 1 November 2023.

Dokumen perbaikan itu akan diverifikasi kembali sampai 2 November 2023 dan diberi tahu hasilnya pada 3 November 2023.

Jika bakal capres-cawapres masih tidak memenuhi syarat, maka partai politik pengusung harus mengusulkan calon pengganti dengan tenggat 8 November 2023.

Bakal calon pengganti akan menjalani pemeriksaan kesehatan menyeluruh dan diverifikasi dokumen persyaratannya sampai 12 November 2023 oleh KPU RI.

KPU RI selanjutnya akan menetapkan pasangan capres-cawapres secara resmi pada 13 November 2023 dan mengundi nomor urut mereka keesokan harinya.

0 Response to "Ganjar Pranowo dan Mahfud Resmi Mendaftar Menjadi Capres dan Cawapres Menuju Pilpres 2024"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel