Ganjar Pranowo Jadikan K-POP Sebagai Pembelajaran Mengelola Industri Kreatif



Calon Presiden Ganjar Pranowo memiliki komitmen penuh untuk menyiapkan industri kreatif yang memiliki jenjang seperti K-POP yang dimiliki oleh Korea Selatan dan mengimplementasikannya di Indonesia.

Menurut Ganjar, K-POP memiliki branding yang sangat bagus sehingga perlu untuk dicoba implementasinya terhadap industri kreatif tanah air.

Ganjar juga mencoba bertemu dengan pelaku industri kreatif Indonesia dan melakukan bincang-bincang serta tukar pendapat. Dia mengatakan bahwa industri kreatif Indonesia memang sangat memiliki potensi yang sangat cerah di masa depan.

Hal tersebut dapat dikatakan dikarenakan Indonesia memiliki budaya yang sangat kaya dengan ribuan suku bangsa.

“Karena Indonesia memiliki budaya yang sangat kaya dengan 1.400 suku bangsa. Kekayaan seperti ini tidak dimiliki oleh negara lain,” jelas Ganjar.

Ganjar menyatakan bahwa Indonesia dapat banyak belajar dari Korea Selatan yang telah memonetisasi budaya K-POP sejak tahun 2014. Bukan hanya dalam bidang music, namun juga dalam bidang film, kuliner, dan bidang-bidang lainnya yang terkait dengan budaya populer mereka.

Ganjar juga menjelaskan bahwa Korea Selatan memang mempersiapkan hal tersebut lebih dari kurun waktu 20 tahun. Padahal dulu memang kebudayaan Korea Selatan dianggap sebelah mata dikarenakan kebudayaan Jepang di dunia Internasional masih lebih mendominasi dan lebih diperhitungkan.

Dia juga menegaskan bahwa Korea Selatan itu memiliki hari kemerdekaan yang hanya berbeda dua hari dengan kemerdekaan Indonesia. Dari fakta tersebut Ganjar menyatakan bahwa apabila Korea Selatan bisa melakukannya maka Indonesia pasti juga memiliki kemampuan untuk melakukan apa yang dilakukan oleh Korea Selatan.

Menurut Ganjar, Indonesia sangat bisa seperti Korea Selatan, tetapi harus ada political will untuk mengangkat industri budaya dan industri kreatif khususnya dalam bidang pembiayaan dan anggaran juga dalam pembuatan aturan terkait.

Ganjar juga menekankan perihal kesiapan SDM, pengelolaan dan manajemen konten, lalu branding dari konten yang dihasilkan sampai keberlanjutan atau regenerasinya.

Ganjar juga mengungkapkan keinginannya untuk memantik industri tanah air dengan menghadirkan artis luas negeri di Indonesia. Dia berharap bahwa dengan datangnya artis mancanegara dapat membuat pelaku industri kreatif kita makin terpacu untuk menghasilkan konten yang lebih baik daripada sebelumnya.

“Ini (Industri K-POP) merupakan pemantik luar biasa untuk pengembangan industri kreatif Tanah Air,” jelas Ganjar.

0 Response to "Ganjar Pranowo Jadikan K-POP Sebagai Pembelajaran Mengelola Industri Kreatif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel