Ganjar Pranowo Membahas Seni Budaya Agar Mendunia Bersama Seniman Jabar di Bandung



Ganjar Pranowo berkesempatan bertemu dengan para seniman Jawa Barat dalam kunjungannya di Kota Bandung, Rabu (4/10/2023).

Jauh dari pembahasan politik, Ganjar dan para seniman membahas banyak hal. Salah satu pembahasannya terkait strategi kebudayaan Indonesia agar lebih maju dan mendunia.

Hadir dalam acara itu, penyanyi sekaligus pencipta lagu ‘Kalau Bulan Bisa Ngomong’, Doel Sumbang, musikus dan pianis Purwacaraka, penyanyi jazz ternama Trie Utami, budayawan Budi Dalton, Eddi Brokoli, dalang Bhatara Sunandar, Taufiq Udjo dan banyak lagi seniman dan budayawan lainnya.

“Iya sore ini saya senang sekali bisa bertemu dengan para seniman dan budayawan Jabar. Kita ngobrol asyik tentang seni budaya, dan mereka memberikan masukan tentang apa pentingnya kebudayaan dan bagaimana strategi kebudayaan yang harus dilakukan,” kata Ganjar.

Ganjar banyak mendengar masukan dari para pelaku seni dan budaya itu, bagaimana memajukan seni budaya Indonesia. Ganjar juga meminta agar mereka membuat detil strategi kebudayaan seperti apa yang harus diwujudkan.

“Saya minta para seniman dan budayawan itu membantu saya. Saya minta dibuatkan strategi kebudayaan agar kita sebagai bangsa betul-betul punya kepribadian dalam kebudayaan,” ucapnya.

Dari obrolan itu, Ganjar mendapat masukan dan ide yang bagus. Bagaimana nasib seniman diperhatikan, kebudayaan dijaga agar tidak tergerus dengan budaya luar dan bagaimana strategi pengembangannya.

Diskusi yang dilakukan juga sangat santai namun berkesan. Bagaimana seni tradisi harus hidup, wayang harus hidup dan lainnya.

“Pembicaraannya nyambung sekali. Dan kita harapkan suatu saat memang mendapatkan pemimpin yang peduli pada kebudayaan Indonesia secara umum, tidak hanya seni, namun kebudayaan secara universal. Dan mudah-mudahan pak Ganjar bisa mewujudkan itu,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Purwacaraka. Dalam obrolan dengan Ganjar, semua sepakat bahwa pengembangan kebudayaan adalah sesuatu yang penting.

“Kita para pelaku seni budaya dan pak Ganjar sepakat untuk mengembangkan kebudayaan Indonesia. Pokoknya kebudayaan itu harus dianggap sama pentingnya dengan program lain misalnya teknologi dan lainnya. Agar, kita bisa mengenali dan mengembangkan kebudayaan Nusantara,” ucapnya.

0 Response to "Ganjar Pranowo Membahas Seni Budaya Agar Mendunia Bersama Seniman Jabar di Bandung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel