Ganjar Pranowo Mengenang Sosok KH. Hasyim Muzadi Saat Sowan ke Ponpes Al-Hikam



Ganjar Pranowo mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hikam Malang. Kunjungan Ganjar Pranowo ke Ponpes yang didirikan oleh almarhum KH. Hasyim Muzadi, sebagai bagian dari silaturahmi dan kekaguman Ganjar ke sosok KH. Hasyim Muzadi.

Saat bersilaturahmi ke Ponpes Al Hikam Malang, Ganjar Pranowo juga menyempatkan diri untuk melakukan salat Jumat di masjid yang berada di Jalan Cengger Ayam Nomor 25, Lowokwaru, Kota Malang.

Ganjar disambut langsung oleh Ketua Yayasan Al Hikam KH. Abdul Hakim Hidayat, yang juga anak dari KH. Hasyim Muzadi, dan Direktur Pesantren Al Hikam KH. Muhammad Nafi. Di rumah keluarga KH. Hasyim Muzadi, Ganjar tampak duduk bersebelahan dengan KH. Abdul Hakim Hidayat. .

Perbicangan di antara Ganjar dan rombongan dengan beberapa keluarga KH. Hasyim Muzadi tampak hangat. Beberapa kali pembicaraan Ganjar tak bisa menyembunyikan tawanya saat diajak bersenda gurau dengan KH. Muhammad Nafi.

Ganjar menyatakan, kedatangannya ke Ponpes Al Hikam Malang jadi bagian dari silaturahmi dengan tokoh ulama dan santri. Selain itu, ia mengaku banyak belajar dari ilmu yang diberikan oleh KH. Hasyim Muzadi ke dirinya saat berangkat haji di tahun 2012.

“Silaturahmi, pak Hasyim memberikan banyak ilmu ke saya pernah saya naik haji sama pak Basarah di 2012. aya ingat betul waktu itu beliau sebagai Amirul Haj juga memberikan khutbah yang bagus sekali saat itu,” ucap Ganjar Pranowo, kepada wartawan seusai salat Jumat di Ponpes Al Hikam, Malang, Jumat siang (13/10/2023).

Saat itu, mantan Gubernur Jawa Tengah mengatakan, bila almarhum KH. Hasyim Muzadi sempat memberikan khutbah tolak ukur haji mabrur ketika telah pulang ke tanah air. Namun setelah itu ternyata ada pesan keluarga KH. Hasyim Muzadi, yang ingin disampaikan ke Ganjar, tetapi belum tersampaikan hingga akhirnya baru bertemu di Malang pada Jumat ini.

“Tadi diceritakan keluarga banyak sekali ternyata, saya merasa punya kedekatan dengan beliau dan hari bisa bersilaturahmi dengan beliau, bertemu dengan keluarganya. Ada pesan-pesan dari keluarganya pada saat itu dan saya baru tahu sekarang begitu,” tuturnya.

Maka pertemuan bakal capres Ganjar Pranowo dengan keluarga KH. Hasyim Muzadi menjadi momen menjaga nilai-nilai persaudaraan yang semakin baik. Tetapi Ganjar tak menjawab ketika ditanya apakah ada pembicaraan politik bersama keluarga KH. Hasyim Muzadi dan pengasuh Ponpes Al Hikam Malang lainnya.

“Jumatan kok urusannya politik, ini Sholat Jumat urusannya silaturahmi,” ucapnya.

0 Response to "Ganjar Pranowo Mengenang Sosok KH. Hasyim Muzadi Saat Sowan ke Ponpes Al-Hikam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel