Ganjar Pranowo Ziarah Ke Makam Ulama Besar Tasikmalaya Syekh Abdul Muhyi



Bacapres 2024 Ganjar Pranowo melakukan ziarah ke makam Syekh Abdul Muhyi di Desa Pamijahan, Bantarkalong, Tasikmalaya, Senin (9/10).

Kedatangan Ganjar disambut oleh KH Endang Adjidin, juru kunci makam sekaligus keturunan ke sembilan dari Syekh Abdul Muhyi.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu langsung dijamu di ruang tamu kediaman KH Endang bersama sejumlah ulama Tasikmalaya. Dalam kegiatan itu suasana sangat hangat dan akrab.

Setelah itu, Ganjar ditemani tuan rumah menuju makam. Di sepanjang lorong, Ganjar bertemu dengan para pedagang oleh-oleh dan peziarah lainnya.

Tak sedikit yang meminta foto dan bersalaman. Sesampainya di makam, Ganjar mengambil wudu kemudian bersila di depan pintu makam Syekh Abdul Muhyi.

Acara doa dipimpin langsung oleh KH Endang. Bahkan, Ganjar diperkenankan masuk ke ruang makam, yang selama ini tidak boleh dimasuki kecuali dari nasab keturunan.

Syekh Abdul Muhyi Pamijahan diyakini sebagai waliyullah dan dihormati masyarakat pesantren.

Dia merupakan mata rantai dan pembawa tarekat Syathariyah yang pertama ke Pulau Jawa.

Abdul Muhyi dilahirkan tahun 1650 di Mataram. Mataram di sini ada yang menyebut di Lombok, tetapi ada juga yang menyebut Kerajaan Mataram Islam.

Ayahnya bernama Sembah Lebe Wartakusumah, bangsawan Sunda keturunan Raja Galuh Pajajaran yang saat itu bagian dari Kerajaan Mataram Jawa.

lbunya bernama Raden Ajeng Tangan Ziah, keturunan bangsawan Mataram yang berjalur sampai ke Syaikh Ainui Yaqin (Sunan Giri l).

Ulama karismatik itu juga punya peran penting dalam penyebaran Islam di wilayah selatan, terutama Jawa Barat.

KH Endang mengatakan bahwa Ganjar adalah sosok yang baik, dan mau menziarahi makam para leluhur.

“Ya semoga dengan kedatangan beliau Mas Ganjar Pranowo di makamnya Syekh Abdul Muhyi beliau diberikan keberkahan oleh Allah SWT,” tuturnya.

Dia juga mendoakan politikus berambut putih itu dapat menjadi pemimpin Indonesia yang sukses dan mendatangkan keberkahan.

“Buat Pak Ganjar semoga bisa menjadi pemimpin di Indonesia yang sukses dengan selalu mendatangkan keberkahan bagi bangsa Indonesia. Negara yang insyallah jaya, masyarakat sejahtera agama kuat. Dengan utuhnya NKRI buat kita semua,” pungkas dia.

0 Response to "Ganjar Pranowo Ziarah Ke Makam Ulama Besar Tasikmalaya Syekh Abdul Muhyi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel