Ganjar Pranowo Menerima Passapu, Salempang dan Ukiran Lambang Gereja Toraja Sebagai Bentuk Penghormatan



Tiba di Toraja, calon presiden (Capres), Ganjar Pranowo, menerima Passapu’ dan Salempang dari tenun khas Toraja, yang diberikan oleh Ketua Umum Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja Toraja, Pdt. DR. Alfred Anggui, M.Th.

Kegiatan ini berlangsung di Tongkonan Sangullele, Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sabtu, (25/11/2023). Ganjar makan siang bersama tokoh agama, dan perwakilan partai koalisi.

Dalam adat dan budaya Toraja, pemberian Passapu’ menandakan bentuk penghormatan kepada Ambe’ atau yang dituakan.

Lalu Salempang memiliki makna sebagai simbol kebersamaan, merakyat dalam segala situasi.

Suasana sejuk dengan keberagaman dan toleransi. Terlihat masyarakat yang hadir juga menggunakan pakaian adat Toraja.

Kehadiran Ganjar beserta rombongan di Tongkonan Sangullele, disambut dengan sukacita oleh BPS Gereja Toraja.

“Tongkonan Sangullele adalah rumah bersama untuk semua dan akan jadi tempat bagi kita buat bercakap dan memberi kontribusi pemikiran kita bagi siapa pun yang ingin membangun bangsa, termasuk kehidupan masyarakat Toraja,” ungkap Pendeta Alfred.

Dalam pertemuan tersebut, Pendeta Alfred memberikan ukiran Toraja dengan lambang Gereja Toraja di tengahnya. Bahkan menyiapkan sajadah dan peci untuk shalat di ruang kerja Pendeta Alfred.

“Saya sangat tidak menyangka akan mendapat sambutan yang luar biasa seperti ini. Bahkan disediakan sajadah dan topi peci untuk shalat. Saya merasakan kesejukan, bahwa seperti inilah Indonesia dengan keberagaman,” ucap Ganjar.

Usai makan siang, Ganjar Pranowo dijadwalkan akan minum kopi Toraja bersama tokoh lintas agama di Paroki Makale, Kabupaten Tana Toraja.

Kemudian akan melanjutkan kuliah umum dengan tema “Bonus Demografi Menuju Indonesia Emas 2045 (Peluang dan tantangan)” yang bertempat di Aula Kampus I Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja.

Lalu pukul 14.30, dijadwalkan melanjutkan perjalanan menuju Bandara Toraja ke Makassar.

0 Response to "Ganjar Pranowo Menerima Passapu, Salempang dan Ukiran Lambang Gereja Toraja Sebagai Bentuk Penghormatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel