Ganjar Pranowo Mengungkap Betapa Pentingya Kesehatan Mental, Mari Kita Kenali Ciri-Cirinya



Calon Presiden, Ganjar Pranowo, menyoroti urgensi penanganan masalah kesehatan mental, terutama di kalangan generasi muda, khususnya milenial dan Gen-Z.

Ia mengakui bahwa isu kesehatan mental merupakan permasalahan serius yang tidak boleh diabaikan, dan menekankan bahwa masalah ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pribadi, tetapi juga termasuk dalam kerangka Hak Asasi Manusia (HAM) yang memerlukan perhatian khusus.

Dalam pidatonya di Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ganjar Pranowo menyatakan bahwa masalah kesehatan mental banyak dihadapi oleh anak muda dan saat ini menjadi salah satu fokus dalam agenda HAM yang akan diperjuangkannya bersama calon Wakil Presiden Mahfud MD, jika keduanya terpilih dalam Pemilu 2024.

“Ini adalah masalah serius yang tidak boleh disepelekan, khususnya karena saat ini anak muda menghadapi tantangan kesehatan mental yang signifikan,” ujar Ganjar di UMJ, Jakarta, baru-baru ini.

Sebelumnya, hal serupa juga diutarakan oleh Ganjar Pranowo saat berdiskusi dengan ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia yang tergabung dalam perwakilan BEM Nusantara di Universitas Dr Soetomo Surabaya.

Dalam acara tersebut, Ganjar berjanji untuk membuka pos konseling guna membantu masyarakat mengakses layanan kesehatan mental yang lebih baik dan menghilangkan stigma terkait kesehatan mental di masyarakat.

“Kami memberikan solusi dengan membuka pos konseling kesehatan mental di berbagai lokasi di Indonesia, termasuk di kampus, layanan kesehatan jiwa di Puskesmas, hingga di seluruh rumah sakit umum,” ungkapnya dalam acara BEM Nusantara di Universitas Dr Soetomo Surabaya, dikutip Sabtu (25/11/2023).

Pernyataan ini menunjukkan komitmen Ganjar Pranowo dalam memberikan perhatian serius terhadap tantangan yang dihadapi oleh generasi muda terkait isu kesehatan mental.

Hal ini menjadi penting karena kesejahteraan mental yang optimal mencakup keadaan di mana kejiwaan dan pikiran individu berada dalam keadaan damai dan tenang.

Keadaan ini memungkinkan individu untuk memiliki ketajaman pemikiran dan fokus yang tinggi saat beraktivitas. Seperti halnya dengan kesejahteraan fisik, menjaga kesehatan mental juga sangat esensial.

Seseorang yang memiliki kesehatan mental yang baik dapat mengoptimalkan potensi dirinya dalam menghadapi berbagai permasalahan hidup, mengatasi tantangan, dan menjalin hubungan yang positif dengan orang lain.

Nah, di sisi lain, gangguan kesehatan mental dapat memberikan dampak negatif pada emosi, suasana hati, dan kemampuan berpikir seseorang.

Apabila gangguan kesehatan mental tidak mendapatkan penanganan yang tepat, kondisi tersebut dapat mencetuskan berbagai permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang pada akhirnya akan memengaruhi kualitas hidup penderitanya.

Hal ini bisa mencakup penurunan produktivitas di tempat kerja, prestasi rendah di sekolah, dan merusak hubungan sosial dengan orang lain.

Lantas bagaimana mengidentifikasi ciri-ciri seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental? Melansir dari beberapa sumber terpercaya, Dalam konteks identifikasi gangguan kesehatan mental, ada beberapa ciri umum yang dapat membantu mendeteksi seseorang yang mungkin mengalami gangguan tersebut. Berikut ciri-ciri gangguan kesehatan mental yang harus diwaspadai.

  1. Merasa sedih berkepanjangan, kadang tanpa sebab yang jelas.
  2. Mati rasa atau tak peduli dengan lingkungan sekitar.
  3. Merasa lelah secara signifikan, tidak berenergi, dan mengalami masalah tidur.
  4. Sering marah berlebihan dan sangat sensitif.
  5. Merasa putus asa dan tak berdaya.
  6. Sering merasa bingung, khawatir, atau takut.
  7. Memiliki pengalaman buruk yang tidak bisa dilupakan.
  8. Mengalami delusi, paranoia, atau halusinasi.
  9. Merasa sulit untuk berkonsentrasi.
  10. Merasa takut atau khawatir berlebihan, atau dihantui perasaan bersalah.
  11. Perubahan suasana hati yang drastis.
  12. Cenderung menarik diri dari lingkungan sosial.
  13. Tidak mampu mengatasi stres atau masalah sehari-hari.
  14. Memiliki pikiran untuk bunuh diri.

0 Response to "Ganjar Pranowo Mengungkap Betapa Pentingya Kesehatan Mental, Mari Kita Kenali Ciri-Cirinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel