Ini Yang Menjadi 5 Manfaat Ekonomi Maritim, Program Yang Digencarkan Oleh Ganjar Pranowo



Calon Presiden Republik Indonesia Ganjar Pranowo menyoroti pentingnya mengembangkan ekonomi maritim (biru), hijau dan digital sebagai pondasi ekonomi baru untuk membuka peluang pasar dan kesempatan dalam rangka memacu pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal itu diungkapkan Ganjar ketika saat berbicara dalam acara Sarasehan 100 Ekonom 2023 yang diadakan di Jakarta.

“New economy untuk membuka market dan kesempatan baru, ada green, blue dan digital economy,” kata Ganjar.

Ganjar juga memaparkan bahwa 77% wilayah Indonesia adalah laut dan perairan, namun pada tahun 2021, sektor maritim hanya menyumbang 7,6% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Menurutnya, masih terdapat banyak potensi yang belum dimanfaatkan sepenuhnya di sektor maritim yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan kontribusi sektor ini terhadap perekonomian nasional.

Lantas apa saja manfaat ekonomi maritim atau blue economy yang dicanangakan Ganjar Pranowo? Berikut ini ulasannya.

  1. Peningkatan Berkelanjutan dalam Pertumbuhan Ekonomi

Pembangunan infrastruktur maritim di Indonesia, terutama tol laut, telah menjadi katalis penting untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di berbagai pulau. Infrastruktur ini telah terbukti sangat bermanfaat, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di daerah terdepan dan tertinggal.

Dengan adanya tol laut, kegiatan perekonomian antar pulau menjadi lebih lancar, membuka peluang ekonomi baru dan membantu meningkatkan standar hidup masyarakat lokal.

Hal ini selaras dengan visi 6.3.1 Ganjar Pranowo tentang Tata Kelola Laut yang Inklusif dan Berkelanjutan, yang bertujuan untuk memaksimalkan pemanfaatan sektor kelautan demi kesejahteraan rakyat dengan mempertimbangkan kelestarian lingkungan.

  1. Kesejahteraan Lebih Baik bagi Pelaku Usaha Maritim

Sektor maritim, yang mencakup nelayan, pembudidaya ikan, dan komunitas kelautan lainnya, kini mengalami peningkatan kesejahteraan yang lebih baik.

Kemajuan ini sejalan dengan peningkatan akses dan peluang ekonomi yang diciptakan melalui pengembangan ekonomi maritim. Pelaku usaha skala kecil di sektor ini kini dapat menikmati hasil yang lebih besar dari usaha mereka, memberikan dampak positif pada ekonomi lokal dan keluarga mereka.

  1. Pelestarian Lingkungan yang Meningkat

Manfaat signifikan lain dari ekonomi maritim adalah kelestarian lingkungan laut yang lebih terjaga. Melalui pengelolaan sumber daya kelautan yang lebih bertanggung jawab dan berkelanjutan, Indonesia dapat memastikan bahwa sumber daya alamnya tetap lestari untuk generasi mendatang.

Ini mencakup praktik penangkapan ikan yang berkelanjutan, perlindungan ekosistem laut, dan pengelolaan hutan bakau.

Sesuai dengan visi 6.3.3 Ganjar Pranowo tentang Penangkapan Ikan Terukur Berbasis Kuota dan Zonasi, ekonomi maritim yang dikelola dengan baik akan membantu menjaga kelestarian lingkungan laut. Ini akan memastikan bahwa sumber daya kelautan dapat digunakan secara berkelanjutan untuk generasi mendatang.

  1. Memperkuat Persatuan Nasional Melalui Laut:

Dengan adanya tol laut dan pengembangan pelabuhan di seluruh nusantara, Indonesia memperkuat persatuan nasionalnya. Infrastruktur ini memudahkan transportasi dan logistik antar daerah, khususnya ke daerah yang sebelumnya sulit dijangkau.

Ekonomi yang tumbuh di daerah-daerah ini tidak hanya meningkatkan kualitas hidup lokal, tetapi juga memperkuat integrasi nasional dan membangun rasa kepemilikan yang lebih kuat terhadap bangsa.

  1. Mendorong Pertumbuhan melalui Pengembangan Ekonomi Maritim

Pengembangan ekonomi maritim menjadi salah satu fokus utama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dengan mengoptimalkan potensi besar yang dimiliki sektor maritim, dari perikanan tangkap dan budidaya, industri pengolahan hasil perikanan, pariwisata bahari, hingga pertambangan dan energi, Indonesia dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkuat posisinya di kancah global.

Pengembangan ini tidak hanya meningkatkan pendapatan nasional, tetapi juga menciptakan peluang kerja baru dan mendorong inovasi dalam sektor maritim.

Berkaca dari manfaat-manfaat itu sepertinya, ekonomi maritim yang dicanangan oleh Calon Presiden Ganjar Pranowo akan menguntungkan Indonesia kedepannya.

0 Response to "Ini Yang Menjadi 5 Manfaat Ekonomi Maritim, Program Yang Digencarkan Oleh Ganjar Pranowo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel