Blusukan ke Pasar di Surabaya, Ganjar Jelaskan Strategi Untuk Memurahkan Harga Pangan



Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyatakan komitmennya untuk menstabilkan harga pangan bersama calon Wakil Presiden Mahfud MD saat menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2024.

Hal itu diungkapkan Ganjar saat blusukan ke Pasar Pucang, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (13/1).

Pada kesempatan tersebut, Ganjar berdialog dengan beberapa pedagang sayur, buah-buahan, hingga beras.

Ganjar pun mengetahui gejolak harga bahan pokok yang ada di pasar tersebut.

“Ada informasi mulai turun, harga tomat sedikit naik, harga bawang merah, dan memang kemarin ketemu petani di Brebes betul harganya relatif di tingkap petani jatuh,” kata Ganjar usai meninjau pasar Pucang, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur Sabtu (13/1).

Ganjar menyebut bahwa harga pangan masih menjadi keluhan yang disampaikan masyarakat kepadanya.

Namun, dia mengaku sudah mempunyai pengalaman untuk mengendalikan harga bahan pokok ini.

Sebagai contoh saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar pernah meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Harga dan Produksi Komoditi (SiHaTi) untuk mengendalikan inflasi di wilayahnya.

“Sebenarnya kami punya pengalaman di Pemprov Jateng waktu itu ada aplikasi si hati. Sistem informasi hanya komoditi itu bisa menjangkau. Maka setiap pasar, apalagi pasar induk selalu di update terus datanya maka bisa tahu, apalah karena situasinya suplainya kurang atau panennya gagal, atau karena cuaca, bisa lebih tahu cepat ya,” jelas Ganjar.

Menurutnya, aplikasi tersebut bisa memantau kenaikan dan penurunan harga komoditas, khususnya komoditas yang berpotensi mempengaruhi inflasi.

Oleh karena itu, aplikasi itu menjadi salah satu jurus ‘Sat-Set yang akan menangani persoalan harga pangan ini. Salah satunya, membuat program SiHaTi ke ranah nasional saat menjadi Presiden di 2024.

“Sehingga bisa mengisi dari satu tempat surplus ke tempat yang kurang. Kecuali enggak ada semua, nah itu kebijakan impor bisa menstabilkan tetapi seandainya memantau dengan data yang akurat, rasanya respons akan jauh lebih cepat,” tutur Ganjar.

0 Response to "Blusukan ke Pasar di Surabaya, Ganjar Jelaskan Strategi Untuk Memurahkan Harga Pangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel