Dukungan Ganjar Pranowo Kepada Percepatan Pembangunan Giant Sea Wall



Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mendukung rencana pemerintah mempercepat pembangunan giant sea wall atau tanggul laut raksasa untuk memitigasi dampak dari degradasi Pantai Utara Jawa dengan membentuk satgas.

Adapun rencana pembentukan satgas percepatan pembangunan ini disampaikan oleh Menteri Pertahanan sekaligus capres nomor urut 2, Prabowo Subianto.

“Oh iya? Saya kira ide bagus ya. Pak Prabowo yang menyampaikan?” tanya Ganjar di sela-sela kampanye di Kota Tegal, Jawa Tengah, Kamis.

Dia pun berkelakar dirinya dan Prabowo satu guru dalam hal tersebut. Oleh karena itu, Ganjar menyatakan sikap saling dukung atas rencana tersebut.

Ia menilai rencana tersebut sama dengan usulannya terkait pembangunan giant sea wall ke pemerintah pusat pada 2013. Rencana tersebut disetujui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan membangun tanggul laut sekaligus jalan tol Semarang-Demak.

Ganjar juga tak merasa rencana itu dicontek Prabowo. Sebab, percepatan pembangunan giant sea wall di sepanjang Pantura untuk memperkuat pertahanan laut.

“Tidak (merasa dicontek) dong, saling mendukung. Kan positif toh. Kan beliau (Prabowo) kemarin sampai tiga kali ya sama terus sama saya,” ujarnya.

Kendati demikian, dia mengingatkan perhitungan pembangunan itu harus dilakukan dengan cermat demi kemaslahatan bersama.

“Ya tidak apa-apa, mungkin dia untuk pertahanan laut kan. Tapi memang benar dari sisi ketahanan itu penting, karena kalau kemudian itu bisa diamankan, ya kita semua berpikir. Saya terima kasih kalau bisa kita mendapatkan dukungan. Cuman apakah bentuknya tanggul laut raksasa atau di beberapa titik, itu lebih ke organik,” jelas Ganjar.

Selain itu, Ganjar memuji kinerja Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, yang sudah mengerjakan hal dan dia pun memuji hasil pekerjaan Basuki.

“Karena kami pernah bekerja sama cukup lama dengan Belanda, apalagi di Demak, terus kemudian sedikit Tegal, dan Kota Pekalongan sama Kabupaten Pekalongan agak panjang. Pak Basuki sudah mengerjakan itu, bagus banget itu,” pungkasnya.

0 Response to "Dukungan Ganjar Pranowo Kepada Percepatan Pembangunan Giant Sea Wall"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel