Ganjar Pranowo Laksanakan Ziarah Makam Bathara Katong Saat Berada di Ponorogo



Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyempatkan diri berziarah ke makam Raden Bathara Katong saat melakukan rangkaian kampanye Pilpres 2024 di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Jumat.

Raden Bathara Katong adalah tokoh pendiri sekaligus adipati pertama yang dihormati masyarakat Ponorogo karena jasanya membangun pemukiman awal di daerah yang dikenal dengan kesenian Reog atau tari topeng raksasa tersebut.

Makam Bathara Katong terletak di Dukuh Plampitan, Desa Setono, Kecamatan Jenangan.
​​​​​​​
“Ziarah ini merupakan bentuk silaturahim kepada pendiri Kabupaten Ponorogo, sekaligus penyemangat bagi tim Ganjar-Mahfud di Bumi Reog ini,” kata Ganjar usai ziarah.

Ganjar, yang tampil kasual mengenakan kaos lengan panjang berwarna putih dengan tulisan “SatSet” pada bagian punggung serta logo tiga jari di bagian dada, berziarah dengan didampingi Ketua BMI Jawa Timur Sugiri Sancoko, Ketua DPC PDI Perjuangan Ponorogo Bambang Yuwono, serta sejumlah caleg, kader, dan simpatisan pendukung pasangan calon Ganjar-Mahfud.

Sebelum masuk ke area makam utama Bathoro Katong, Ganjar menyempatkan diri berdoa bersama dengan dipimpin juru kunci makam.

Setelahnya, dengan didampingi Sugiri Sancoko dan Bambang Yuwono, Ganjar melakukan tabur bunga yang dimulai dari makam Bathoro Katong, kemudian ke makam Ki Ageng Mirah hingga makam Patih Seloaji.
​​​​​​​
Ganjar meyakini wilayah Mataraman akan menjadi salah satu lumbung suara untuk pasangan calon Ganjar-Mahfud. Ganjar kini sedang fokus berkampanye di wilayah Mataram, mulai dari Magetan, Madiun, hingga Ponorogo.
​​​​​​​
“Kami lebih yakin untuk menang,” ujarnya.

Usai berziarah ke makam Bathoro Katong, Ganjar melanjutkan rangkaian kegiatannya dengan mengikuti ibadah shalat Jumat di Masjid Tegalsari, konsolidasi bersama caleg dan partai pengusung, bertemu dengan milenial Ponorogo, hingga mengunjungi pembangunan Monumen Reog di Kecamatan Sampung.
​​​​​​​
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.
Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

0 Response to "Ganjar Pranowo Laksanakan Ziarah Makam Bathara Katong Saat Berada di Ponorogo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel