Ganjar Pranowo Lamar Aktifis Perempuan Yogyakarta Kalis Mardiasih Jadi Tim Sukses



Calon Presiden Republik Indonesia (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, melamar aktivis perempuan Kalis Mardiasih untuk bergabung menjadi tim sukses (timses)-nya.

Lamaran itu disampaikan Ganjar saat acara “Gelar Tikar Ganjar” di Gedung Sidomukti Yogyakarta, Minggu (28/1/2024) malam.

Dalam acara tersebut, Kalis Mardiasih menyampaikan sejumlah kritik dan saran kepada Ganjar terkait isu perempuan dan anak.

Ia mengatakan, pendidikan di Indonesia masih abai pada persoalan perempuan. Banyak sekolah yang tidak memiliki akses khusus untuk perempuan, misalnya toilet dan sebagainya.

“Satu dari dua toilet di sekolah Indonesia itu belum dipisah antara laki-laki dan perempuan. Dan ada hampir 300.000 sekolah di Indonesia belum punya akses air bersih dan sanitasi higienis. Padahal perempuan itu harus berhadapan dengan kodratnya yakni menstruasi,” kata Kalis.

Menurut data lanjut dia, menstruasi menjadi penyumbang angka putus sekolah tertinggi kedua setelah kemiskinan. Hal itu dikarenakan tidak tersedianya fasilitas yang baik di sekolah.

Kalis juga menyoroti banyaknya siswa perempuan yang dikeluarkan dari sekolah akibat hamil di luar nikah. Padahal sebenarnya, mereka adalah korban kekerasan seksual, dan harus menghapus masa depan karena dikeluarkan.

“Belum lagi banyak kasus kekerasan seksual yang dialami perempuan di mana pelakunya adalah guru dan tenaga pendidikan. Jadi kalau bapak ingin memperbaiki pendidikan, tolong hal semacam ini diperhatikan,” ucapnya.

Mendengar itu, Ganjar langsung melamar Kalis menjadi timsesnya.

“Mbak Kalis ini luar biasa, tegas, cerdas dan pakai data. Saya lamar mbak Kalis jadi timses saya,” ucap Ganjar disambut tepuk tangan meriah para peserta.

Ganjar membenarkan bahwa isu perempuan dan anak masih menjadi problem serius yang harus segera diperbaiki. Ia membenarkan banyak kasus yang dialami perempuan dan anak yang belum terselesaikan dengan baik.

“Apa yang diceritakan Mbak Kalis terjadi di banyak tempat. Dan kenapa saya lamar beliau, agar apa yang beliau perjuangkan tentang kesetaraan gender itu betul-betul bisa diwujudkan,” pungkasnya.

Suasana gayeng tersaji dalam acara “Gelar Tikar Ganjar” itu. Ratusan anak muda begitu antusias ngobrol dengan Ganjar dan membahas sejumlah isu. Mulai pendidikan, pinjaman online, lapangan pekerjaan, gaji guru honorer dan sejumlah isu penting lainnya.

Isu Perempuan dan Gender

Lamaran Ganjar kepada Kalis Mardiasih merupakan langkah positif untuk menunjukkan komitmennya dalam memperjuangkan isu perempuan dan anak. Kalis adalah aktivis perempuan yang telah lama menyuarakan isu-isu tersebut.

Ia memiliki pemahaman yang mendalam dan data yang kuat untuk mendukung argumennya.

Lamaran Ganjar kepada Kalis juga menunjukkan bahwa ia terbuka untuk menerima masukan dari berbagai pihak, termasuk dari kalangan aktivis. Hal ini penting untuk memastikan bahwa kebijakan yang diambilnya dapat menjawab kebutuhan masyarakat secara keseluruhan.

Semoga lamaran Ganjar kepada Kalis dapat diterima dan keduanya dapat bekerja sama untuk mewujudkan kesetaraan gender di Indonesia.

0 Response to "Ganjar Pranowo Lamar Aktifis Perempuan Yogyakarta Kalis Mardiasih Jadi Tim Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel