Ganjar Pranowo Memiliki Pandangan Tersendiri Terkait Format Debat Capres



Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menilai jika format debat capres-cawapres Pemilu 2024 diubah, maka akan membuat media kampanye itu menjadi lebih hidup atau menarik.

“Malah kalau diubah debat akan lebih menarik,” kata Ganjar Pranowo dilansir dari ANTARA pada Kamis (11/1)

Ganjar mengatakan hal itu untuk menanggapi opini Presiden Joko Widodo yang mengatakan format debat capres-cawapres sebaiknya diubah dengan menghadirkan rambu-rambu supaya debat bisa lebih hidup.

Dia menilai format debat capres-cawapres Pemilu 2024 yang berlangsung saat ini justru menampilkan kuota pertanyaan dan jawaban, dimana bertanya dua kali hanya dijawab satu kali.

Terkait hal itu, Ganjar Pranowo berharap format debat diubah dengan menggunakan kuota waktu.

“Ini kan kuotanya jawaban pertanyaan, bertanya apa dua kali sekali begitu ya. Menurut saya, kasih waktu saja debat hari ini, katakan 3 menit maka 3 menit bisa bersahut-sahutan.” jelas Ganjar Pranowo.

Dia mengaku senang bila saat debat, para kandidat capres-cawapres dapat saling bersahutan mengonfirmasi argumen satu dengan lainnnya. Menurut Ganjar, format debat yang benar seperti itu akan jauh lebih menarik dan menghibur bagi masyarakat dalam menerima gagasan dan visi misi.

“Kemarin ketika Pak Prabowo tanya apa itu kan diperingatkan oleh host gitu waktu tanya ke saya. Pak Prabowo diam dulu, tetapi buat saya nggak, silahkan saja wong saja senang kok konfirmasi seperti itu,” jelas Ganjar.

Kendati demikian dia menegaskan akan tetap mematuhi format yang sudah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“KPU saya kira sudah mengambil sikap. Saya ikut aturannya saja.” ujar Ganjar

Sebelumnya Rabu (10/1) anggota KPU RI August Mellaz menyebut format debat capres-cawapres sudah disusun secara optimal karena memberi kesempatan bagi masing-masing calon untuk menyampaikan gagasannya.

“Bagi saya begini, apa yang sudah kami susun, kami rasa sudah optimal. Untuk format alur, segmen, termasuk waktu, tidak mengalami perubahan. Kalau ada pihak-pihak lain yang keberatan atau mengusulkan format lain silahkan dilakukan tapi KPU posisinya di situ,” kata Mellaz

Format debat capres-cawapres Pemilu 2024 yang telah berlangsung tiga kali itu disusun bersama dengan tim pasangan calon, sehingga telah mengakomodasi usulan dari masing-masing tim.

Rangkaian debat capres-cawapres masih berlangsung dua kali lagi, yakni pada tanggal 21 Januari 2024 dan 4 Februari 2024.

KPU telah menetapkan peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2 dan Ganjar Pranowo – Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

0 Response to "Ganjar Pranowo Memiliki Pandangan Tersendiri Terkait Format Debat Capres"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel