Ganjar Pranowo Meminta Agar Konflik di Wadas Dibahas Pada Debat Cawapres Mendatang



Calon presiden Ganjar Pranowo mengatakan wakilnya, Mahfud Md, tidak ada persiapan khusus untuk mengantisipasi pertanyaan soal konflik penambangan di Desa Wadas, Purworejo, Jawa Tengah, yang terjadi ketika dirinya menjadi gubernur.

Ganjar menyebut sebaiknya topik Wadas dibahas dalam debat calon wakil presiden tentang Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa, pada 21 Januari mendatang.

“Sebaiknya konflik Wadas dibahas,” kata Ganjar saat ditemui usai dirinya menghadiri kegiatan Generasi Perintis di Pos Bloc, Pasar Minggu, Jakarta Pusat, pada Ahad, 14 Januari 2024.

Ganjar menyebut pihaknya juga menyampaikan situasi Wadas ketika dirinya menjadi Gubernur Jawa Tengah kepada peserta di forum Generasi Perintis.

“Saya ceritakan ke kawan kawan yang ada di ruangan ini bertanya tentang semen Rembang yang saya selesaikan. Meskipun itu program bukan program Pemprov. Wadas sama, yang itu saya selesaikan dan itu PSN (Proyek Strategis Nasional) karena kami dilatih bertanggung jawab dan selesai,” kata Ganjar.

Ganjar juga mengklaim pernah menolak beberapa aktivitas tambang yang ada di kawasan Jawa Tengah. Dia mengklaim pernah menolak pabrik semen di Kebumen.

“Saya tolak tambang emas di Wonogiri karena tidak memenuhi syarat lingkungan,” kata Ganjar.

Dalam persiapan debat calon wakil presiden itu, Ganjar mengaku percaya kepada Mahfud Md akan tampil prima dalam forum tersebut. Ganjar juga tidak memberikan tips khusus kepada Mahfud ihwal menghadapi debat itu.

“Tidak, Pak Mahfud lebih pintar dari saya. Pengalamannya lebih bagus, profesor,” kata Ganjar.

Debat calon wakil presiden akan digelar pada 21 Januari 2024. Dalam forum itu, akan mempertemukan calon wakil presiden Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud Md. Mereka akan berdebat soal Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Debat capres-cawapres adalah salah satu agenda dalam pemilu 2024. Sebagai penyelenggara pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan lima jadwal debat beserta tema pembahasannya.

Jadwal pertama debat capres-cawapres akan berlangsung pada 12 Desember 2023. Kemudian, debat selanjutkan akan terjadi pada 22 Desember 2023, sebagai penutup akhir tahun. Setelah itu, debat kembali dilakukan pada 7 dan 21 Januari 2024. Adapun untuk debat terakhir atau penutup akan dilangsungkan pada 4 Februari 2024, beberapa hari sebelum pemilihan dilakukan.

0 Response to "Ganjar Pranowo Meminta Agar Konflik di Wadas Dibahas Pada Debat Cawapres Mendatang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel