Ganjar Pranowo Menyambangi Ponpes di Lampung Selatan dan Menyerap Aspirasi Santri



Calon Presiden RI Ganjar Pranowo menerima aspirasi dari kalangan kiai dan ulama terkait dengan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren dalam lawatan politiknya ke Pondok Pesantren (Ponpes) Roudlotussolihin Bumi Restu Palas, Lampung Selatan, Senin siang.

“Tadi silaturahmi, ketemu para ulama di Lampung dan beliau-beliau menyampaikan aspirasi kepada kami agar Undang-Undang Pesantren segera dilaksanakan,” kata Ganjar kepada awak media seusai acara istigasah atau doa bersama.

Merespons aspirasi tersebut, Ganjar lantas membeberkan pengalaman ketika menjadi Gubernur Jawa Tengah selama dua periode.

“Kami jelaskan bagaimana guru agama mendapatkan perhatian dan insentif serta memanfaatkan zakat infak sedekah untuk pengembangan keumatan,” jelasnya.

Hal itu, lanjut dia, termasuk pembinaan kerohanian untuk membuat spiritual mereka makin bagus. Selain itu, juga berkarakter bagus, menghormati sesama, dan mempunyai jiwa moderat.

“Saya kira ini penting untuk bangsa ini,” katanya.

Pada kesempatan doa bersama siang itu, pimpinan Ponpes Roudlotussolihin yaitu K.H. R.M. Soleh Bajuri, M.H.I. sempat menitipkan pesan agar UU Pesantren dapat segera diterapkan apabila Ganjar Pranowo terpilih menjadi presiden pada pemilu mendatang.

Kiai Soleh mengatakan bahwa UU Pesantren mengatur mengenai penyelenggaraan fungsi pendidikan, fungsi dakwah, dan fungsi pemberdayaan masyarakat.

“Saya mohon maaf kalau jemaah yang datang kurang maksimal karena semuanya dipersiapkan secara mendadak. Insyaallah dengan keikhlasan, doa kita dikabulkan Allah. Pesan saya ketika nanti Pak Ganjar jadi presiden, Undang-Undang Pesantren bisa diimplementasikan hingga ke daerah-daerah,” katanya.

Usai menghadiri istigasah, Ganjar kemudian menghadiri Hajatan Rakyat Lampung di Lapangan Expo, Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan.

Sebagai penutup kegiatan kampanye hari ini, Ganjar akan bertolak ke Daerah Istimewa Yogyakarta untuk bertemu dengan anggota DPC, TPC, calon anggota legislatif partai koalisi, dan sukarelawan di kediaman Ketua DPC PDI Perjuangan Gunung Kidul.

Selanjutnya, Ganjar akan beramah-tamah dengan warga Gunung Kidul dan menginap di Gunung Kidul.

Sebelumnya, KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

0 Response to "Ganjar Pranowo Menyambangi Ponpes di Lampung Selatan dan Menyerap Aspirasi Santri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel