Ganjar Pranowo Menyampaikan Instagram Mahfud MD Sudah Bisa Diakses Kembali



Calon presiden nomor urut 2 Ganjar Pranowo mengumumkan Akun pribadi media sosial Instagram milik Mahfud Md @mohmahfudmd yang diretas sejak Selasa siang, kini berhasil dipulihkan.

“Alhamdulillah akun Pak @mohmahfudmd sudah kembali. Tapi jangan lupa main X lagi ya Pak, ini banyak yg nunggu lho,” kata Ganjar lewat akun sosial media X @ganjarpranowo pada Selasa malam.

Sebelumnya, akun pribadi media sosial Instagram milik Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md @mohmahfudmd dilaporkan diretas sejak Selasa siang.

Dalam akun Mahfud, peretas mengunggah video dengan keterangan (caption) berbahasa Ibrani dalam aksara Hebrew, yang jika diartikan secara literal bertuliskan: “Tuhan ada di atasku, siapa yang dapat mengendalikan diriku?”

Unggahan itu per pukul 17.00 WIB telah disukai oleh lebih dari 8.000 pengguna Instagram, dan dikomentari oleh lebih dari 2.000 pengguna.

Dalam video itu, sekitar sembilan prajurit yang kemungkinan dari militer Israel (IDF) bergantian menyundul bola, tanpa memberikan pesan-pesan kepada yang melihat. Latar tempat video itu diambil di antaranya di dermaga tempat kapal perang sandar, di luar ruangan yang tembok-nya ada lukisan mural seperti logo IDF, di pantai dan di lapangan bola.

Pemantauan pada Selasa malam pukul 20.00 WIB, video tersebut sudah dihapus dari akun Instagram @mohmahfudmd.

Terkait hal itu, Staf Khusus Menko Polhukam Rizal Mustary menyampaikan segala unggahan dan pesan yang dikirim dari akun @mohmahfudmd sejak Selasa siang setidaknya sekitar pukul 16.00 WIB bukan dari Mahfud Md.

“Saat ini status akun instagram pribadi Bapak Mahfud Md (www.instagram.com/mohmahfudmd) diretas oleh pihak lain di luar tim pengelola. Situasi ini terjadi sejak siang hari Selasa, 16 Januari 2024, dan upaya pemulihan sedang dilakukan,” kata Rizal Mustary dalam siaran resmi Kemenko Polhukam di Jakarta, Selasa.

Sejauh ini belum ada informasi mengenai oknum yang meretas akun Instagram pribadi Mahfud.

Mahfud Md, yang menggunakan nama akun @mohmahfudmd, saat ini diikuti oleh 1,3 juta pengguna Instagram, dan mengunggah lebih dari 1.000 post/unggahan.

Dalam keterangan akun-nya, Mahfud menyebut dia sebagai Guru Besar Hukum Tata Negara, mantan menteri pertahanan, eks anggota DPR, dan eks ketua Mahkamah Konstitusi. Kolom deskripsi pengguna akun Instagram Mahfud juga memuat informasi “kini mengabdi sebagai menko polhukam”.

Sejauh ini, belum ada pernyataan resmi baik dari Polri ataupun BSSN terkait peretasan tersebut.

0 Response to "Ganjar Pranowo Menyampaikan Instagram Mahfud MD Sudah Bisa Diakses Kembali"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel