Ganjar Pranowo Sowan ke Ponpes An-Nur Bantul, Komitmen Jalankan UU Pesantren



Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, menegaskan komitmennya untuk menjalankan Undang-Undang (UU) No 18 tahun 2019 tentang Pesantren.

Ulama dan santri menjadi salah satu fokus dari Ganjar. Pernyataan ini disampaikannya setelah mengunjungi Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem, Bantul, Yogyakarta pada Kamis (25/1/2024).

Ganjar menyatakan bahwa regulasi yang sudah ada harus diterapkan, dan UU Pesantren tinggal dijalankan. Ia juga mengakui keistimewaan Yogyakarta karena memiliki budaya dan etika yang baik.

Menurut Ganjar, Yogyakarta memiliki tradisi protes yang unik, menggunakan budaya lucu-lucuan dan tetap menjaga etika. Ia juga menggarisbawahi peran penting pesantren dalam melestarikan budaya dan etika tersebut, dengan menekankan nilai-nilai seperti rasa hormat kepada kiai dan guru.

“Pesantren itu punya etika, dan menjadi tradisi. Misalnya rasa hormat kepada kiai dan guru,” ujar Ganjar, Kamis (25/1/2024).

Ganjar juga membagikan pengalaman mendirikan sekolah untuk siswa miskin dengan semangat pesantren, seperti SMKN Jawa Tengah yang berkonsep asrama.

Ia mencatat bahwa para siswa yang lulus dari sekolah ini langsung dapat bekerja setelah tiga tahun dan membantu orang tuanya dengan etika yang baik.

“Waktu jadi Gubernur saya buat sekolah untuk siswa miskin dan mereka mondok di asrama. Tiga tahun lulus mereka langsung kerja. Dan memiliki etika yang baik sehingga kemudian membantu orangtuanya,” tuturnya.

Pada kunjungannya ke Pondok Pesantren An Nur Ngrukem, Ganjar disambut dengan antusiasme ribuan santri.

Ia bertemu dengan pengasuh, KH Yasin Nawawi, dan melakukan pertemuan empat mata di kediaman. Kehadirannya disambut meriah, dengan santri berjajar di sepanjang gang komplek pesantren, bersalaman, dan berteriak kegembiraan. Ganjar kemudian mengikuti tradisi makan lesehan bersama santri setelah pertemuan tertutup.

Ia menyantap bubur merah dan putih, memberi makan santri, dan terlihat akrab dengan mereka. KH Yasin Nawawi menyatakan kebanggaan atas kehadiran Ganjar, menyebutnya sebagai kader bangsa yang istimewa, merakyat, santun, dan berdedikasi.

Kiai Yasin juga menyatakan dukungan kepada Ganjar dan cawapres Mahfud MD dalam pemilihan presiden 2024, berharap agar mereka dijauhkan dari kedzaliman dalam pelaksanaan pilpres tersebut.

0 Response to "Ganjar Pranowo Sowan ke Ponpes An-Nur Bantul, Komitmen Jalankan UU Pesantren"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel