Hadir ke Banda Neira, Ganjar Pranowo Didoakan Jadi Presiden Indonesia dan Diberikan 2 Buku



Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengunjungi Banda Neira, Maluku Tengah. Dalam kunjungannya, Ganjar menerima berbagai aspirasi, hingga didoakan menjadi presiden.

Ganjar mulanya berkunjung ke Pasar Rakyat Banda Neira, Selasa (30/1/2024). Ganjar menyapa para nelayan di pasar.

Dalam kunjungan itu, Ganjar juga sempat diberi dua buku yakni Tana Banda dan Banda oleh warga setempat. Warga berharap jika Ganjar terpilih sebagai presiden, dapat mengembangkan Banda Neira.

“Semoga Bapak terpilih menjadi presiden Indonesia. Insyaallah mudah-mudahan kalau memang bapak menjadi presiden, bapak menerima apa yang kami berikan ini, mudah-mudahan bapak bisa mempelajari,” ujarnya.

“Tolong bapak mempelajarinya. Sehingga bapak bisa mengembangkan Banda di masa depan, terutama situs-situs yang ada di Banda,” lanjut dia.

Kemudian, Ganjar berkunjung ke Rumah Budaya Banda Neira. Di Rumah Budaya, Ganjar mendapat aspirasi terkait harga pala yang turun.

Awalnya, warga setempat bercerita jika pada era Belanda harga pala sangat tinggi. Sebab itu, banyak penduduk Banda Neira yang dibantai dan diasingkan oleh Belanda untuk menguasi pala.

“Ini momen Belanda ingin menguasai Banda. Akhirnya membuat genosida besar. Dari 20 ribu penduduk Banda dibantai sisa hanya 3 ribu. Kemudian sisanya diasingkan ke Batavia sekitar 600 orang,” jelas warga setempat.

“Kenapa?” tanya Ganjar.

“Untuk menguasai monopoli pala Pak, karena harga pala di waktu itu siapa yang genggam pala segenggam seperti menggenggam emas segenggam, sama nilainya. Sekarang harga pala jauh pak, petani Banda sudah tidak lagi menikmati pala di mana masa kejayaannya,” kata warga.

Ganjar lalu mengunjungi Universitas Banda Neira. Ganjar mengaku kagum dengan bangunan kampus tersebut. “Bagus kampusnya, bersejarah ya,” ujarnya.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu juga mengunjungi Benteng Belgica. Lalu dilanjutkan berkunjung ke rumah pengasingan Perdana Menteri RI pertama Sutan Sjahrir dan rumah pengasingan Wapres RI ke-1 Mohammad Hatta atau Bung Hatta.

Ganjar mengatakan dalam kunjungannya, dia mendapatkan banyak aspirasi. Salah satunya, ialah untuk memberikan pendidikan yang layak.

“Hari ini tentu saja kita melihat di belakang saya, rumah pengasingan Bung Hatta. Ini bagian dari cara kita mengedukasi dalam situs rumah pengasingan Bung Hatta,” ujarnya.

“Betapa pentingnya pendidikan yang di dobrak oleh para intelektual pada saat itu dengan cara-cara mencuri-curi karena Belanda tidak mengizinkan kita sekolah. Nah kalau hari ini kita tidak memberikan fasilitas pendidikan rasa-rasanya kita akan sulit maju,” sambungnya.

0 Response to "Hadir ke Banda Neira, Ganjar Pranowo Didoakan Jadi Presiden Indonesia dan Diberikan 2 Buku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel