Jadi Capres Pertama yang Mengunjungi Banda Neira, Ganjar Pranowo Berikan Dukungan Terhadap Otonomi Maluku



Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, menjadikan kunjungannya ke Pulau BANDA NEIRA, Maluku Tengah, sebagai momen penting untuk menyampaikan dua pesan utama.

Ganjar Pranowo tiba di Banda Neira pada Selasa (30/1/2024) sebagai capres pertama yang menyambangi pulau kecil yang kaya sejarah tersebut dalam rangkaian kampanye Pilpres 2024.

Dalam kunjungannya, Ganjar menggali keindahan alam pulau tersebut dan meresapi nilai-nilai sejarah, memulai dari pasar rakyat hingga rumah-rumah bersejarah seperti milik mantan Perdana Menteri Indonesia pertama, Sutan Sjahrir, dan rumah mantan Wapres Pertama Republik Indonesia, Muhammad Hatta atau Bung Hatta.

“Ganjar mengungkapkan keindahan alam dan kekayaan sejarah Banda Neira, pulau penghasil Pala terbesar di dunia, yang pernah dijajah Eropa. Ini menjadi bukti sejarah panjang dan perjuangan kemerdekaan,” ujar sumber terkait kunjungan Ganjar.

Dalam interaksinya dengan masyarakat setempat, Ganjar menekankan pentingnya pendidikan sebagai kunci kemajuan, mengambil contoh dari pengasingan Bung Hatta yang tetap setia mengedukasi masyarakat di Pulau Banda untuk melawan penjajahan Belanda.

Ganjar berharap kunjungannya menjadi simbol komitmen untuk bersatu dengan masyarakat di seluruh Indonesia, menghormati sejarah, dan menatap masa depan bangsa.

Tak hanya itu, dalam siaran pers yang disampaikan segera setelah kunjungannya, Ganjar Pranowo juga memberikan pernyataan penting mengenai Provinsi Maluku.

Ia menegaskan perlunya menerapkan otonomi asimetris di Provinsi Maluku yang terdiri dari ribuan pulau dengan budaya dan bahasa yang beragam.

“Provinsi Maluku butuh otonomi asimetris untuk mengakomodasi perbedaan budaya, bahasa, agama, dan karakteristik demografi antarwilayah. Tata kelola pemerintahan di sini harus dilakukan sesuai potensi dan kekhususan daerah,” ujar Ganjar.

Ia juga menyoroti kendala infrastruktur di daerah kepulauan, terbatasnya moda transportasi, serta menggarisbawahi pentingnya investasi di sektor pendidikan dan pariwisata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Maluku.

Ganjar berkomitmen untuk mendukung pengembangan transportasi yang sesuai dengan karakteristik wilayah kepulauan, serta meningkatkan aksesibilitas pendidikan dan pariwisata sebagai motor penggerak ekonomi daerah.

Kunjungan Ganjar ini mencerminkan tekadnya untuk membangun hubungan erat dengan masyarakat di ujung Indonesia, menjaga kekayaan sejarah, dan memperjuangkan otonomi asimetris sebagai solusi untuk kemajuan Provinsi Maluku.

0 Response to "Jadi Capres Pertama yang Mengunjungi Banda Neira, Ganjar Pranowo Berikan Dukungan Terhadap Otonomi Maluku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel