Mahfud MD Berikan Kuliah Kepada Paslon 2 Pada Debat Cawapres Terkait Reforma Agraria



Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 3, Mahfud MD memberikan kuliah kepada Cawapres Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka soal reforma agraria pada debat keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Minggu (21/1/2024).

“Jadi kalau melihat ketimpangan penguasaan tanah itu memang coba lihat bisnis sawit itu 39 hektar sementara hanya segelintir orang bisnis sawit, sementara para petani kita sebanyak 17 juta orang itu kalau di rata-rata kan itu hanya menguasai setengah hektar,” kata Mahfud merespon jawaban Gibran saat diberikan pertanyaan oleh panelis mengenai Undang-undang Pokok Agraria.

Mahfud pun kembali mengatakan bahwa reforma agraria telah ditugaskan oleh Presiden untuk segera dilakukan. “Itulah sebabnya dulu ada reforma agraria yang ditugaskan kepada Presiden untuk segera dilakukan reforma agraria.”

Lebih lanjut, Mahfud pun memberikan penjelasannya bahwa reforma agraria itu ada tiga. Satu, legalisasi, yang kedua redistribusi, lalu yang ketiga pengembalian klaim-klaim hak atas tanah.

“Nah ini yang sekarang belum satupun ada sertifikat untuk redistribusi, yang ada itu baru legalisasi yaitu orang sudah punya lalu diberi sertifikatnya di situ, yang lain belum dapat redistribusi,” kata Mahfud.

Sebelumnya, Gibran mengungkapkan bahwa program reforma agraria ini akan dikuatkan dan disempurnakan. “Sekarang sudah ada program PTSL sudah berhasil membagikan sekitar 110 juta sertifikat. Dulu sebelum ada program ini hanya bisa menghasilkan dan membagikan 500.000 sertifikat. Bayangkan itu, butuh berapa tahun untuk menyelesaikan masalah.”

“Lalu sekarang juga sudah ada program redistribusi tanah tanah HGU dan lain-lain, disimpan di bank tanah untuk nanti di redistribusi ulang kepada para-para misalnya pengusaha lokal petani lokal dan lain-lain,” katanya.

0 Response to "Mahfud MD Berikan Kuliah Kepada Paslon 2 Pada Debat Cawapres Terkait Reforma Agraria"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel