Mahfud MD Membuka Data Saat Debat Cawapres RI: Impor Susu Sampai 280 Juta Ton



Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD membuka data impor saat debat cawapres, Minggu (21/1/2024).

Dalam kesempatan itu, ia menyebut, Indonesia mengimpor susu sekitar 280 juta ton.

“Sekarang faktanya per hari ini, catatan datanya harus dibaca impor kedelai 2 juta ton, susu 280 juta ton, gula pasir 4 juta ton, beras 2,8 juta ton, daging sapi 160 juta ton,” kata Mahfud.

Mahfud menilai data merupakan salah satu basis penting dalam pengambilan kebijakan. Hal ini menjadi rujukan untuk menghindari lonjakan impor dari tahun ke tahun.

Selain itu, Mahfud juga menekankan pentingnya kepemilikan lahan hingga peningkatan jumlah petani. Ia juga menyebut penting menyelesaikan konflik agraria yang telah terjadi di Indonesia.

Selain menyinggung pangan, Mantan ketua Mahkamah Konstitusi itu menyatakan bahwa deforestasi di Indonesia mencapai 12,85 juta hektare dalam 10 tahun terakhir yang mana lebih luas dibandingkan negara Korea Selatan.

“Data 10 tahun terjadi deforrestasi 12,85 juta ha. itu lebih luas dari Korsel dan 23 kali luasnya Pulau Madura di mana saya tinggal. ini deforestrasi dalam 10 tahun terakhir,” katanya.

Menutup rangkaian debat, Mahfud menyanyikan penggalan lagu dari Ebiet G. Ade berjudul “Berita kepada Kawan”, yang turut dirayakan oleh warganet setelah acara debat yang berlangsung selama 2,5 jam tersebut.

0 Response to "Mahfud MD Membuka Data Saat Debat Cawapres RI: Impor Susu Sampai 280 Juta Ton"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel