Mahfud MD Mengutip Ayat Al-Qur’an Pada Debat Cawapres Ingatkan Soal Kerusakan Alam



Cawapres nomor urut 03, Mahfud MD, mengutip ayat Alquran Surat Ar-Rum ayat 41 terkait kerusakan alam saat debat cawapres pada Minggu (21/1).

Debat keempat di Pilpres 2024 ini mengangkat tema pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

“Telah tampak kerusakan di bumi karena tingkah laku manusia di darat dan di laut. Ini ditunjukkan oleh Allah agar manusia sadar bahwa mereka telah merusak alam di negaranya yang dikuasai seharusnya oleh bangsanya,” kata Cak Imin saat debat cawapres, Minggu (21/1).

Mahfud menilai sebenarnya sumber daya masyarakat Indonesia besar, tetapi belum dimanfaatkan secara maksimal. Ia menyebut petani dan lahan pertanian semakin sedikit, tetapi subsidi pupuk malah makin besar.

“Petani dikit, lahan sedikit, kok subsidi makin naik? pasti ada yang salah,” ujar Mahfud.

Mahfud juga mengakui potensi di laut yang berlimpah belum digarap dengan baik. Apalagi, kata Mahfud, lingkungan saat ini malah rusak di tengah mulai masuknya investor.

“Laut kita berlimbah, udara kita meracuni paru-paru kita. Investor masuk, industrialisasi terjadi, lingkungan rusak, rakyat menderita. Kemudian SDM menjadi sumber sengketa antara rakyat dengan rakyat, antara pemerintah dengan pemerintah,” tutur Mahfud.

Untuk mengatasi beragam persoalan tersebut, Mahfud mengakui tidak mudah. Namun, ia menegaskan pemerintah perlu komitmen dan keberanian.

0 Response to "Mahfud MD Mengutip Ayat Al-Qur’an Pada Debat Cawapres Ingatkan Soal Kerusakan Alam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel