Nelayan Medan Mengeluhkan Tidak Mampu Membayar Pinjaman dan Komitmen Hapus Kredit Macet



Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo bertemu ratusan warga yang ada di kampung nelayan di sekitar Pelabuhan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara.

Pada kesempatan itu Ganjar Pranowo sempat berdialog dengan para nelayan dan bertanya perihal kendala yang selama ini dialami.

Nelayan pun mengeluhkan bahwa mereka tidak mampu membayar kredit karena pendapatannya tidak menentu ditambah peralatan yang memadai.

Menanggapi hal itu, Ganjar memaparkan programnya untuk memperbaiki kehidupan para nelayan.

“Jadi bagaimana para nelayan kita bisa produktif, jadi mereka perlu mesin kapal dan juga alat tangkapan ikan. Yang kemudian adalah bagaimana akses permodalan yang perlu diperhatikan dan juga ketersediaan bahan bakar yang terjangkau,” kata Ganjar, Minggu (28/1/2024).

Menurut Ganjar, kesulitan para nelayan untuk memenuhi kebutuhan hidup juga disebabkan persoalan lain.

Salah satunya ketika ada bencana alam dan pandemi Covid-19 membuat para nelayan kecil yang ikut dalam program Kredit Usaha Rakyat (KUR) tidak dapat membayarkan pinjaman.

Kondisi yang sulit itu lantas membuat nelayan terpaksa meminjam modal pada pihak lain. Misalnya rentenir dengan bunga besar.

“Mereka dan nelayan kecil yang sebenarnya ekonominya tidak mampu mereka sudah terlanjur pinjam duit KUR di bank kemudian kredit macet dan terpaksa utang ke pihak lain,” kata Ganjar.

Dengan berbagai persoalan itu, Ganjar berjanji kepada para nelayan untuk lebih mendekatkan program pemerintah menjangkau nelayan kecil.

Selain itu Ganjar juga mengusung program pemutihan kredit macet yang akan menghapus kredit macet para nelayan dan petani untuk meringankan beban mereka.

“Insyaallah saya mau doanya untuk kredit macet karena krediturnya seperti itu kita akan hapuskan hutangnya dari bank. Kalau kemudian bapak ibu tadi seperti permintaannya mendapatkan alat tangkap dan bantuan itu akan bisa didapat semuanya saya doakan semuanya sehat saya doakan tetap semangat,” ucapnya.

0 Response to "Nelayan Medan Mengeluhkan Tidak Mampu Membayar Pinjaman dan Komitmen Hapus Kredit Macet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel