Pada Debat Cawapres, Mahfud MD Jelaskan Filosofis 3 Nilai Hubungan Manusia dengan Tuhan, Antarsesama dan Alam



Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD mengungkapkan, ada tiga hal yang harus diperhatikan pada debat Keempat Pilpres 2024, yaitu Tuhan, Manusia, dan Alam.

Pada sesi pembuka Debat Cawapres, Mahfud menyatakan, di Pulau Bali dikenal Tri Hita Karana, yang merupakan filosofi Hindu.

Hakikat ajaran Tri Hita Karana menekankan pada tiga hubungan manusia pada kehidupan di dunia ini.

Ketiga hubungan itu mencakup, hubungan antarsesama manusia, hubungan manusia dengan alam sekitar, dan hubungan manusia dengan Tuhan, yang saling terkait satu sama lain.

“Setiap hubungan memiliki pedoman hidup untuk menghargai sesama aspek sekelilingnya,” kata Mahfud.

Sementara itu, filosofi Tri Tangtu pada tataran masyarakat Sunda di Jawa Barat, berarti tiga ketentuan hidup yang berlaku.

Berpedoman pada tiga hal yang pasti, yakni Batara Tunggal yang terdiri atas Batara Keresa, Batara Kawasa, dan Batara Bima Karana.

“Dalam pandangan hidup orang Sunda, mereka tidak mengandalkan keyakinan hidupnya itu pada kekuatan diri sendiri, melainkan pada kuasa yang lebih besar, yaitu Penguasa Tertinggi, sumber, dan tujuan dari segalanya,” jelas Mahfud.

Menurut Mahfud, berdasarkan kearifan lokal bangsa Indonesia, sejak masa lalu sudah terbiasa melakukan langkah-langkah konkret untuk melindungi kelestarian lingkungan hidup.

0 Response to "Pada Debat Cawapres, Mahfud MD Jelaskan Filosofis 3 Nilai Hubungan Manusia dengan Tuhan, Antarsesama dan Alam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel