Safari Politik ke Jombang, Siti Atikoh Dicurhati Harga Bahan Pokok Oleh Pedagang



Siti Atikoh Supriyanti, istri calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengawali safari politiknya di hari keenam di Jawa Timur dengan blusukan dan mengunjungi Pasar Bareng, di Jombang, Senin (29/1/2024) pagi.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Atikoh tampak mengenakan kaos putih bertuliskan ‘Sat-Set’ serta kerudung pink tiba di Pasar Bareng sekira pukul 06.30 WIB. Atikoh tampak didampingi anggota DPR RI yang juga Wasekjen DPP PDIP Sadarestuwati serta rombongan.

Atikoh bersama rombongan memilih berjalan kaki menuju Pasar Bareng. Ibunda Muhammad Zinedine Alam Ganjar ini pun melangkahkan kakinya menyusuri lorong Pasar Bareng. Dia langsung melihat-lihat lapak pedagang di sana.

Atikoh pun mendatangi lapak penjual buah-buahan. Disana, dia berinteraksi dan membeli buah mangga. Dia kemudian melanjutkan langkahnya mendatangi lapak penjual sayur-mayur dan toko penjual bahan pokok.

Salah seorang pedagang pun mengungkapkan keluhannya kepada Atikoh soal harga bawang merah yang naik belakangan ini. Tak hanya bawang merah, cabai dan bawang putih turut mengalami kenaikan. Namun tak begitu signifikan.

“Rp22.000 bawang merah naik Rp2.000 Bu. Rp32.000 bawang putih, Rp20.000 cabai,” keluh pedagang kepada Atikoh.

“Pada naik semua ya?” tanya Atikoh.

“Naik semua, tapi tidak terlalu tinggi Bu,” timpal pedagang itu.

Atikoh bersama Sadarestuwati pun membeli beberapa kebutuhan pokok di lapak tersebut.

Melanjutkan blusukannya, Atikoh bersama rombongan kembali menyusuri lapak-lapak pedagang di pasar tersebut.

Meski Pasar Bareng dalam kondisi becek karena Jombang habis diguyur hujan, Atikoh tetap menyusuri lorong-lorong lapak pedagang.

Dia tak terlihat khawatir meski alas kakinya harus kotor oleh lumpur dan tanah di Pasar. Sesekali, dia juga menyapa para masyarakat yang kebetulan berbelanja di pasar tersebut.

Warga Jombang pun turut menyambut Atikoh dengan hangat. Mereka juga memanfaatkan momen pertemuan itu dengan mengajak berswafoto bersama.

“Ibu Atikoh. Saya sudah tahu sering liat di Tv. Foto dulu Bu,” ucap salah seorang ibu pedagang sayur. Mantan wartawati ini pun melayani foto para pedagang.

Lalu, Atikoh terus berinteraksi dengan beberapa pedagang yang menjual kebutuhan pokok. Dia pun mendengarkan harapan dan keluhan para pedagang soal harga-harga yang tidak stabil. Alumni Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) juga sempat mengecek harga daging sapi di Pasar itu.

Dia menanyakan soal harga daging apakah mengalami kenaikan atau stabil saat ini.

“Ini harga dagingnya berapa per kg nya Bu?” tanya Atikoh.

“Rp130.000, Bu. Lagi naik,” jawab ibu penjual daging.

“Harapannya semoga harganya bisa stabil Bu,” sambung pedagang itu.

Mendengar itu, Atikoh pun terlihat menganggukan kepalanya sambil melempar pertanyaan.

“Memang kenapa Bu harga-harga harus stabil?” tanya Atikoh.

“Kalau harga stabil, nanti para pembeli datang ke lapak kita Bu,” jawabnya.

“Pinter Ibu ini,” timpal Atikoh yang disambut tawa oleh rombongan.

Di sela-sela blusukan di Pasar Bareng, Atikoh mengungkapkan bahwa ada beberapa aspirasi yang disampaikan oleh pedagang. Salah, satunya soal infrastruktur.

“Ini kan baru hujan, ini sudah ada rencana untuk renovasi. Sehingga biar baik pedagang maupun pembeli juga nyaman,” kata Atikoh kepada wartawan di lokasi.

Dia juga menjelaskan soal alasanya memilih blusukan di Pasar ketika bersafari politik di Jawa Timur. Menurut Atikoh, dirinya ingin mendengarkan langsung keluhan masyarakat terkhusus para pedagang yang ada di Pasar soal harga kebutuhan pokok.

“Karena banyak keluhan terkait dengan harga, kebutuhan termasuk juga keluhan dari para konsumen maupun pedagang. Makanya saya ingin membandingkan di tiap-tiap daerah apakah permasalahannya sama,” ungkap Atikoh.

“Kemudian yang lainnya, dari sini kita bertemu banyak orang. Mereka juga banyak menyampaikan aspirasi tidak hanya berkaitan dengan kondisi yang ada di pasar,” jelas Atikoh.

0 Response to "Safari Politik ke Jombang, Siti Atikoh Dicurhati Harga Bahan Pokok Oleh Pedagang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel