Santai Bareng Gen Z Kuningan, Ganjar Pranowo Bahas Pendidikan Sampai Narkoba



Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengawali kampanye di Kabupaten Kuningan dengan melakukan pertemuan dengan kaum milenial atau gen Z Kabupaten Kuningan di Rumah Makan Saung Gunung, Desa Cilowa, Kecamatan Kramatmulya, Sabtu (27/1/2024).

Ada beberapa tema menarik dibahas dalam pertemuan tersebut. Mulai dari strategi pendidikan yang adil dan merata, pertanian hingga pemberantasan narkoba yang merusak mental generasi muda Indonesia.

“Tadi ada pertanyaan tentang cara meningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Untuk mewujudkan generasi yang berkualitas tentu harus didukung juga oleh tenaga guru yang berkualitas. Untuk mewujudkannya tentu harus diawali dengan memperhatikan kesejahteraan para gurunya. Kalau gurunya sudah sejahtera maka akan menghasilkan tenaga pengajar yang berkualitas sehingga para murid pun akan cerdas,” ujar Ganjar di hadapan kaum milenial Kuningan.

Selain itu, kata Ganjar, dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yang tak kalah penting adalah memperbaiki sistemnya. Menurut dia, pendidikan yang selama ini banyak terfokus dilakukan secara tatap muka di sekolah, juga bisa dilakukan secara virtual dari rumah atau tempat bekerja.

“Kita bisa manfaatkan teknologi digital. Pelajar yang kurang mampu secara ekonomi sehingga memaksa mereka harus bekerja, bisa mendapatkan pendidikan secara virtual. Kita beri bantuan handphone yang di dalamnya sudah terinstal modul-modul pembelajaran sehingga mereka bisa belajar dari jarak jauh. Jika ada materi yang tidak dimengerti, silakan menanyakan ke guru di sekolah terdekat.,” papar Ganjar.

Dengan cara ini pula, kata Ganjar, menjadi dasar munculnya ide program ‘satu keluarga miskin satu sarjana’. “Ada yang bilang banyak sarjana yang menganggur, silakan maunya apa? Diploma, boleh. Atau dari SMK yang sudah kerja sama dengan industri supaya nanti bisa langsung kerja, bisa kita fasilitasi untuk mewujudkan pendidikan yang merata dan berkeadilan,” lanjutnya.

Di bidang pertanian, Ganjar megaku banyak mendapat keluhan dari para petani terkait langkanya ketersediaan pupuk. Oleh karena itu, salah satu program prioritas pasangan Ganjar-Mahfud jika terpilih sebagai Presiden nanti adalah memenuhi alokasi pupuk untuk seluruh petani di Indonesia.

“Saya sudah keliling, mau pakai KTP atau Kartu Tani kalau pupuknya tidak ada maka akan jadi percuma. Oleh karena itu, kita penuhi alokasi pupuk, bisa dengan menambah keberadaan pabrik pupuk di beberapa provinsi untuk memenuhi alokasi pupuk yang dibutuhkan petani,” ujarnya.

Namun demikian, kata Ganjar, penggunaan pupuk berlebihan pun akan berdampak pada menurunnya kualitas tanah. Oleh karena itu, perlu ada pendampingan dari petugas penyuluh pertanian untuk mengatur pemakaian pupuk, atau dengan mengalihkan sistem tanam secara organik yang ramah lingkungan namun hasilnya tetap menguntungkan petani.

Pembahasan Ganjar dengan para milenial Kuningan yang tak kalah menarik adalah tentang peredaran gelap Narkoba yang semakin meresahkan. Menurut Ganjar, tak sedikit generasi muda Indonesia yang menjadikan Narkoba sebagai pelarian saat menghadapi masalah rumit dalam hidupnya.

“Bagi saya tidak ada kompromi untuk Narkoba. Untuk mengatasi hal ini, kita harus berkomitmen bahwa Narkoba adalah musuh negara. Kalau sudah begini, maka kepolisian dan BNN bisa turun langsung menindak tegas setiap mafia, bandar dan pengedarnya, termasuk jika ternyata ada back up di belakangnya, maka harus segera dibereskan, ” tegas Ganjar.

Setelah hampir satu jam berbincang dengan para milenial Kuningan, Ganjar kemudian melanjutkan agenda kampanyenya di Lapangan Purabaya Ciawigebang. Di sana, ribuan massa pendukung pasangan Ganjar Mahfud dihibur penampilan musik band rock asal Bandung Pas Band dan sejumlah artis dangdut lokal Kuningan.

0 Response to "Santai Bareng Gen Z Kuningan, Ganjar Pranowo Bahas Pendidikan Sampai Narkoba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel