Siti Atikoh Istri Dari Ganjar Pranowo: Fasih Berbahasa Jepang, Berbicara dan Berperilaku Dibedakan Adab


 

Istri Capres 03 Ganjar Pranowo Siti Atikoh memperlihatkan kepiawaiannya berbahasa Jepang.

Menurut Siti Atikoh, manusia dalam berbicara dan berperilaku dibedakan oleh adab.

Dalam unggahannya @atikoh.s, istri Capres 03 Ganjar Pranowo sempat melontarkan beberapa kata dalam Bahasa Jepang. “Ikuro Desu ka,” kata Siti Atikoh.

Menurut Siti Atikoh, ketika melontarkan kata tersebut, seharusnya lawan bicara harus menyerahkan kalkulator. “Sebab artinya harganya berapa,” jelas Siti Atikoh dalam obrolan itu.

Terlihat memang saat mengobrol dengan Bahasa Jepang itu, Siti Atikoh tengah dirias. Sepertinya, dia akan menghadiri sebuah acara di televisi.

Siti Atikoh mengatakan bahwa Bahasa Jepang mirip dengan Bahasa Jawa. “Jadi yang berbicara harus tahu kromo Inggil ya,” jelasnya.

Bahasa yang digunakan dalam percakapan sehari-hari, tentu sangat berbeda dengan bahasa yang digunakan dalam bahasa akademik. “Lebih-lebih kepada sensei atau profesor ya tentu akan terasa tidak sopan,” katanya.

Dalam komentar postingannya itu, Siti Atikoh mengungkapkan bahwa bagaimana kita berbicara dan memperlakukan orang lain dibedakan oleh adab. Oleh nilai yang mendasari perilaku kita. Adab di atas ilmu.

Kepiawaian Siti Atikoh berbahasa Jepang tidak terlepas dari latar belakang pendidikannya.

Siti Atikoh pernah belajar di Tokyo University pada 2007. Ia mendalami studi kebijakan publik untuk program pasca sarjana.

Sebelumnya, ia menamatkan S1 Teknologi Pertanian di Universitas Gadjah Mada, satu almamater dengan suaminya Capres 03 Ganjar Pranowo.

Pada Maret 2023 lalu, Siti Atikoh dan Ganjar Pranowo pernah bernostalgia kembali ke Jepang. Di sana, Siti Atikoh dan Ganjar Pranowo mengikuti Tokyo Marathon. Keduanya kebetulan memiliki hobi yang sama, yakni berlari.

Siti Atikoh selama ini kerap mendampingi Ganjar Pranowo. Namun, dalam kontestasi Pilpres 2024, Siti Atikoh lebih banyak bergerak sendiri untuk menjaring suara perempuan dan anak muda.

0 Response to "Siti Atikoh Istri Dari Ganjar Pranowo: Fasih Berbahasa Jepang, Berbicara dan Berperilaku Dibedakan Adab"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel