Alam Ganjar Bercerita Seputar Dunia Perkuliahan Kepada Anak SMA di Surabaya



Putra Capres 03 Ganjar Pranowo, Alam Ganjar berbagi cerita dunia perkuliahan di acara Try Out UTBK-SNBT kepada pelajae SMA di Golden City, Surabaya, Jumat (2/2).

Alam Ganjar yang juga Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) menyebut pentingnya mengenali potensi diri sebelum para pelajar SMA memilih jurusan kuliah.

“Pertama, identifikasi keinginan dan keahliannya apa. Lalu kesukaannya apa, kemudian diramu dan ditentukan titik tengahnya yang mana. Baru dari situ dipersiapkan,” kata Alam Ganjar berbagai tips kepada pelajar SMA.

Namun disisi lain, Alam menuturkan pentingnya ketekunan dan kepercayaan diri akan proses yang dijalani.

Karena pemahaman itu jauh lebih penting daripada nilai. Menurut dia, nilai bisa dikhianati dengan cara-cara yang kurang bijak.

“Tetapi dalam proses pemahaman itu juga pasti akan terefleksi dalam nilainya dan itu lebih bermanfaat buat kita,” ungkap Alam.

Alam menyebut tantangan anak muda terutama mereka yang akan lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah bimbang menentukan pilihan.

Ada di antara mereka yang ingin meneruskan pendidikan namun terkendala biaya.

“Mereka mau kuliah atau enggak, karena masalah finansial, kemudian mereka memutuskan langsung kerja. Ada yang masih 50 – 50 karena terkendala biaya seperti apa,” bebernya.

Oleh karena itu, menurut Alam, program Satu Keluarga Satu Sarjana adalah salah satu program afirmatif untuk menjamin masa depan mereka.

Program tersebut merupakan salah satu yang bisa mewujudkan akses pendidikan kepada seluruh masyarakat.

Ia pun menyerukan pentingnya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Sebab semakin banyak yang menempuh kuliah akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Oleh karena itu perlulah kita bersama-sama membuka akses dulu agar dalam memilih dan menentukan itu bukan karena keterbatasan. Tapi menentukan karena pilihan,” pungkasnya.

0 Response to "Alam Ganjar Bercerita Seputar Dunia Perkuliahan Kepada Anak SMA di Surabaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel