Berikut Makna Salam Tiga Jari Ganjar-Mahud Yang Terinspirasi Dari Teman Tuli



Ketiga capres (calon presiden) Republik Indonesia punya ciri khasnya masing-masing dalam mengkampanyekan kegiatannya. Salah satunya dengan mengenalkan salam jari kepada para pendukungnya. Paslon (pasangan calon) capes-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memiliki salam 3 jari ala musisi metal hingga disebut salam 3 jari atau salam metal.

Salam metal itu jadi ikon pasangan capres yang diusung PDIP tersebut. Salam tiga jari yang ditujukan paslon nomor urut 3 ini awalnya kerap dikritik karena dianggap kurang pantas. Namun, Ganjar Pranowo menjelaskan bahwa salam tiga jari milik timnya tersebut lebih dari sekadar ‘menang total’ atau disingkat dengan metal.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ganjar Pranowo, baru-baru ini dan banyak beredar di media sosial, termasuk di akun Instagram @lambe_turah pada Selasa, 6 Februari 2024. Salam yang terdiri dari jari kelingking, telunjuk hingga jempol ke atas ini punya makna mendalam bagi orang-orang yang kerap menggunakan bahasa isyarat atau orang-orang tuli atau teman tuli berkomunikasi.

Makna salam tiga jari itu adalah ‘I Love You’ atau aku cinta padamu. Hal tersebut dijelaskan langsung oleh Ganjar usai melakukan debat capres pamungkas pada Minggu, 4 Februari 2024.

“Saya dan Pak Mahfud mendorong dengan ‘Revolusi Cinta’ Jadi, kalau tadi kami menyampaikan ini metal (sambil mengacungkan telunjuk, kelingking, dan jempol bersamaan) itu, ya menang total” terang mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut

“Tapi, sebenarnya kami dikasih pelajaran dari teman-teman kelompok tuli yang mengatakan ‘I (kelingking), Love (jempol & telunjuk), You (jempol & kelingking). Dan itu adalah ini (sambil mengacungkan telunjuk, kelingking, dan jempol bersamaan),” tambahnya.

Teman Tuli Pertama yang Ditunjuk Jadi Staf Khusus Presiden.

Ganjar juga mengungkapkan ingin menyampaikan pesan kepada kelompok tuli agar bisa mendapatkan kesetaraan perlakuan. Hal yang sama juga turut diungkapkan oleh tokoh publik, Angkie Yudistia dalam akun Instagram istri Ganjar Pranowo, Siti Atikoh yaitu @atikoh.s. Siti Atikoh membagikan ulang video milik Angkie Yudistia.

Angkie merupakan penyandang disabilitas dan teman tuli pertama yang ditunjuk menjadi staf khusus presiden. Dalam video tersebut, Angkie menyebutkan bahwa salam metal tiga jari milik Ganjar-Mahfud memiliki makna terpendam yang tidak diketahui banyak orang.

“Tapi ibu Atikoh itu sadar dan pak Ganjar artinya dalam bahasa isyarat itu artinya I love you. Why combine penggabungan antara, i, l dan y,” terangnya dalam unggahan pada 5 Februari 2024.

Sebelumnya, Salam 3 jari pernah disebut serupa dengan simbol dari serial film The Hunger Games yang sempat hits pada 2014 silam dan diikuti dengan beberapa film sekuelnya. Salam tiga jari ini ditunjukan Ganjar lewat akun Twitternya, @ganjarpranowo yang memperlihatkan dirinya berdiri di tengah-tengah para pendukung yang mengelilinginya dan memakai kemeja hitam.

Janji dari Salam 3 Jari

Para pendukungnya kompak mengenakan baju hitam sambil mengacungkan tiga jari, telunjuk jari tengah dan jari manis. “Ini bukan tentang Ganjar. Ini bukan tentang kekuasaan. Ini tentang Indonesia,” tulis keterangan dalam video singkat yang diunggah pada Senin, 20 November 2023 itu.

Capres yang diusung PDIP ini lantas menjelaskan tiga jari yang diacungkannya mewakili janji yang dibawanya, agar dipilih masyarakat untuk menjadi orang nomor satu di Indonesia. “Tiga hari tiga janji: Taat pada Tuhan, patuh pada hukum, dan setia pada rakyat,” jelas Ganjar dalam keterangan unggahannya.

Tidak sedikit yang menyebut dan mengaitkan salam tiga jari itu dengan film The Hunger Games. Dilansir dari CBD, salam tiga jari yang merapatkan jari telunjuk, jari tengah dan jari manis ini disebut sangat serupa dengan film The Hunger Games: Mockingjay Part 1 yang mengacungkan tiga jari tengah, yang ternyata punya arti simbol perlawanan dan pemberontakan masyarakat terhadap penguasa.

Salam 3 Jari dan Adegan Film

Salam tiga jari tengah juga erat kaitannya dengan adegan pahlawan wanita dalam serial film tersebut yakni Katniss Everdeen (diperankan Jennifer Lawrence) yang menunjukan salam khas Distrik 12 sebagai kampung halamannya. Katniss jadi sosok dan simbol perlawanan kampung halamannya terhadap pemimpin yang semena-mena.

Salam tiga jari ini juga merupakan simbol wilayah yang sudah sangat tua dan langka. Beberapa kali salam tiga jari ini terlihat di pemakaman, disampaikan untuk ungkapan terima kasih, kebanggan, dan sampai berjumpa kembali dengan orang yang dicintai.

Semangat film fiksi yang diadaptasi dari novel itu ternyata sampai dalam dunia nyata. Buktinya simbol jari tengah tersebut menginspirasi aktivitas Thailand hingga Myanmar untuk melakukan perlawanan dan solidaritas gerakan demokrasi di Asia Tenggara.

Melansir The Guardian, simbol tiga jari ini digunakan tenaga medis, pengunjuk rasa muda yang menentang kudeta militer di Thailand. Hasilnya karena dianggap memberikan pengaruh pemberontakan kepada masyarakat, film The Hunger Games: Mockingjay Part 1 ditarik dari peredaran di Thailand pada November 2014.

0 Response to "Berikut Makna Salam Tiga Jari Ganjar-Mahud Yang Terinspirasi Dari Teman Tuli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel