Berikut Rahasia Mahfud MD Tidak Tergoda Dengan Korupsi



Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD mengungkapkan alasannya tidak pernah korupsi.

Bagi Mahfud, hukum memiliki makna yang cukup luas, melebihi pasal dan ayat-ayat konstitusi. Ia meyakini adanya hukum moral.

Hal itu disampaikan Mahfud saat menjawab pertanyaan seorang pria yang mengidolakannya pada acara ‘Tabrak Prof!’ di Pos Bloc, Jakarta, Rabu (7/2/2024).

“Yang ditakuti dari korupsi itu kan hukuman. Bagi saya hukuman itu bukan hanya hukum tapi ada juga hukuman moral,” ujarnya.

Mantan Menko Polhukam itu menambahkan, dalam diri setiap individu ada yang namanya hukum otonom, yakni menyadari atau merasa berdosa ketika berbuat salah.

“Setiap orang punya hukum otonom. Walaupun orang lain tidak mengetahui kita bersalah, tapi saya yakin setiap orang menyadari kesalahannya,” ucap Mahfud.

“Inilah yang kemudian dibilang ‘rasa bersalah’. Kan banyak yang kayak gitu, rasa berdosa dan takut mau buat salah,” jelasnya.

Dengan adanya hukum otonom dalam diri, tegas Mahfud, maka orang akan takut melakuakan sesuatu yang menyimpang.

“Itu sebabnya saya, waktu jadi Hakim MK (Mahkamah Konstitusi) orang mau bayar saya Rp2 miliar-Rp3 miliar, saya tidak tergoda karena saya takut terhadap hukuman otonom pribadi,” beber Mahfud.

0 Response to "Berikut Rahasia Mahfud MD Tidak Tergoda Dengan Korupsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel