Berikut Strategi Ganjar Pranowo Membangun Kedaulatan Manufaktur TI Indonesia



Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, dalam pernyataannya pasca-debat terakhir Pilpres 2024 yang diselenggarakan di Balai Sidang Jakarta, Minggu, menyampaikan strategi penting untuk membangun kedaulatan manufaktur telekomunikasi dan teknologi informasi (TI) di Indonesia.

Dia bersama calon Wakil Presiden Mahfud Md telah merumuskan tiga langkah strategis yang dianggapnya krusial.

Pertama, Ganjar menekankan pentingnya dorongan kepada sektor swasta untuk memasukkan produk-produknya ke dalam sistem E-Katalog.

Dalam konteks ini, Ganjar menjelaskan, “Kita punya industri swasta untuk gadget. Pabriknya ada di Semarang, harganya terjangkau, lebih murah. Kalau itu bisa masuk E-Katalog kita, sebenarnya kita bisa membantu dia.”

Langkah kedua yang diusulkan adalah memberikan penugasan khusus kepada PT LEN Industri (Persero) untuk mencapai kedaulatan manufaktur telekomunikasi dan TI di Indonesia.

Ganjar menyatakan, “Atau yang kedua, kita bisa menugaskan kepada PT LEN. Kalau enggak salah dulu pernah akan dibuat ini, satu komputer satu laptop harga maksimum Rp 1 juta. Sayang kalau ini tidak kita pastikan tanpa penugasan dari pemerintah, maka tidak pernah selesai.”

Strategi terakhir yang diungkapkan Ganjar adalah kerja sama dengan industri telekomunikasi dan TI dari luar negeri guna mendukung transfer teknologi.

Dia menjelaskan, “Kalau tidak, pilihannya adalah bergandengan tangan dengan industri yang ada di luar dengan brand-brand internasional, tetapi, pabriknya di Indonesia.

Politik ini kalau kita mau komparasikan, di India pernah melakukan, sehingga transformasi pengetahuannya, teknologinya, semua akan bisa dilakukan, dan kita akan mendapatkan nilai tambah.”

Menyusul penutupan debat kelima, KPU telah menetapkan tiga pasangan calon presiden-calon wakil presiden peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Debat terakhir Pilpres 2024, yang mencakup tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi, dihelat di Balai Sidang Jakarta.

Debat ini menjadi penutup dari serangkaian debat yang telah diselenggarakan sebelumnya pada tanggal 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, dan 21 Januari 2024.

0 Response to "Berikut Strategi Ganjar Pranowo Membangun Kedaulatan Manufaktur TI Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel