Ganjar-Mahfud Kampanye Akbar di Solo, Banyak Ruas Jalan Banyak Ditutup



Ratusan ribu pendukung diperkirakan akan memadati Benteng Vastenburg saat kampanye terakhir Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Sabtu (10/2) besok.

Apalagi Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dan kedua pasangan capres-cawapres akan hadir berorasi.

Agar tak menimbulkan kemacetan, Dinas Perhubungan bekerjasama dengan Polresta Surakarta melakukan penutupan sementara sejumlah ruas jalan saat kegiatan yang bertajuk Hajatan Rakyat berlangsung.

Kegiatan kampanye psmungkas paslon nomor urut 02 itu akan berlangsung sejak pagi hingga siang. Dimeriahkan kirab budaya dari kawasan Ngarsapura depan Mangkunegaran hingga Benteng Vastenburg.

“Kami akan melakukan rekayasa lalulintas mulai pukul 06.00-12.00 WIB,” ujar Kabid Lalulintas Dinas Perhubungan (Dishub) Solo Ari Wibowo, Jumat (9/2).

Menurut dia, sejumlah ruas jalan yang akan ditutup sementara dia antaranya, Jalan Slamet Riyadi, Ronggowarsito, Jendral Sudirman, Jendral Soedirman, Arifin, Muharjo, Mayor Sunaryo, Mayor Kusmanto, dan Imam Bonjol.

“Kita lakukan juga pengalihan arus lalu lintas di Jalan Gajah Mada, Jalan Sultan Syahrir, Jalan Kapten Mulyadi, dan Jalan dr. Rajiman,” terangnya, Kamis (8/2).

Dikatakan Ari, meski acara utama berada di Ngarsopuro dan Benteng Vastenburg, panitia tetap menyiapkan acara lain di beberapa titik yang menggunakan Jalan Ronggowarsito, Slamet Riyadi, Arifin, Muharjo, Mayor Sunaryo, Mayor Kusmanto, dan Imam Bonjol.

“Kami juga menyiapkan beberapa kantong parkir. Seperti di kawasan Jalan Slamet Riyadi dengan skema parkir CFD,” katanya.

“Selain itu juga di Ngarsopuro, Singosaren atau Jalan Gatot Subroto. Kemudian Jalan Yos Sudarso, mulai dari Coyudan ke Nonogan. Ini untuk yang datang dari selatan. Untuk yang dari utara akses-akses jalan yang ditutup tentunya bisa digunakan untuk parkir,” jelasnya.

Sementara itu untuk simpatisan dari luar kota menggunakan bus, dari utara terdapat drop zone di Warung Pelem. Peserta diminta jalan kaki menuju lokasi.

“Busnya akan diparkir di jalan Ir. Juanda, atau di sekitaran Monumen Banjarsari,” katanya.

Sedangkan drop zone bus dari arah selatan berada di kawasan Toko Kilat Coyudan atau Singosaren. Kemudian bus akan diarahkan parkir di baju Jalan Radjiman dari Pasar Kembang ke barat hingga timur Polsek Laweyan. Dan alternatifnya di depan RSUD Bung Karno.

“Akan kita lakukan pengalihan rute-rute bus BST atau feeder nanti masih kita akan rapatkan,” jelasnya.

Ari menambahkan, pihaknya juga memberlakukan sistem satu arah dari Utara ke Selatan di Jalan Kapten Mulyadi dari Balong hingga Baturono. Hal ini dilakukan untuk mempermudah arus bus AKDP dan AKAP dari arah Solo ke Sukoharjo.

Polresta Surakarta Terjunkan 1.277 personel

Sementara untuk memastikan pengamanan acara, Polresta Surakarta menerjunkan sebanyak 1.277 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP serta Dinas Perhubungan (Dishub) Surakarta.

Acara kampanye pasangan Calon Presiden Nomor Urut 03 Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD (GAMA) diperkirakan akan diikuti ratusan ribu pendukung.

“Kita siapkan 1.277 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP serta Dishub Surakarta untuk pengamanan,” ungkap Kapolresta Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi.

Selain fokus pengamanan, penggunaan knalpot brong saat konvoi menjadi perhatian utama. Karena penggunaan knalpot brong dilarang tidak hanya saat kampanye saja, namun juga kesehariannya.

“Jadi perlu kita ingatkan saat kampanye tidak menggunakan knalpot brong. Dibantu sekitar 2000, Satgas akan mengingatkan masyarakat yang menggunakan knalpot brong saat konvoi,” tandasnya.

Lanjut Kapolresta, selama pelaksanaan kampanye, pihaknya juga akan melakukan pengalihan arus lalu lintas. Akan ada kirab yang dimulai dari Pamedan Pura Mangkunegara hingga venue utama di Benteng Vasternburg.

0 Response to "Ganjar-Mahfud Kampanye Akbar di Solo, Banyak Ruas Jalan Banyak Ditutup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel