Ganjar Pranowo Bertanya Kepada Netizen Mengapa FBnya Dibanjiri Komen Akun Vietnam



Beberapa hari jelang debat Pilpres 2024 terakhir tepatnya pada 2 Februari 2024 Ganjar Pranowo membagikan tangkapan layar postingannya di Facebook (FB) banjir komentar dari akun Vietnam.

Calon presiden nomor urut 3 itu membagikan tangkapan layar tersebut di platform X (dulu Twitter). Ganjar mengaku heran dengan fenomena tersebut.

“Mau tanya lur, tiba-tiba FB penuh komen dari warga vietnam ini fenomena apa?,” tulis Ganjar seperti dilihat Medcom.id, Minggu, 4 Februari 2024.

Dalam tangkapan layar yang diunggah Ganjar, tidak dijelaskan postingan yang mana yang diserbu komentar akun dengan username yang ditulis menggunakan alfabet Vietnam. Namun, dari gambar yang tersebut ada puluhan akun dengan nama Vietnam yang meramaikan kolom komentar postingan tersebut.

Nama-nama akun yang berkomentar diantaranya Hoai Kim Ngo, Phuoc Nhan Dao, Yen Trung Tra, Diem Lo Diep, dan Anh Nhu Lam. Anehnya meski menggunakan username Vietnam para akun ini menuliskan komentar dalam bahasa Indonesia.

Komentar akun-akun tersebut seragam, bahkan ada yang kalimatnya sama. Mereka memberi komentar negatif dengan menuding kubu paslon 3 memperkeruh suasana pemilu dan memecah belah masyarakat.

“Menyedikan liat kubu Ganjar-Mahfud ngomong yang bikin suasana jadi panas. Penuh kebencian dan dendam,” tulis salah satu akun.

Cuitan Ganjar ini pun mendapat banyak respons dari netizen. Mereka menilai komentar dari akun dengan username Vietnam tersebut berasal dari akun robot atau bot.

“ini akun-akun BOT dari pasukan juni online Kang Purna,” kata @islah_b*.

“Buzzer bot merajalela, disenyumin saja,” tulis @gus***.

“Waduh itu pesenan org pasti pak. Ada yang mendanai sepertinya,” tulis @dwin****.

0 Response to "Ganjar Pranowo Bertanya Kepada Netizen Mengapa FBnya Dibanjiri Komen Akun Vietnam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel