Ganjar Pranowo Buka Suara Terkait Dugaan Kecurangan Surat Suara Tercoblos 03 di Malaysia



Calon presiden (capres) nomor urut 03, Ganjar Pranowo buka suara terkait adanya dugaan surat suara di Tempat Pemungutan Surat Suara Luar Negeri (TPSLN) di Malaysia yang sudah tercoblos.

“Segera Bawaslu menindaklanjuti, periksa,” kata Ganjar saat ditemui wartawan di De Tjolomadoe, Karanganyar, Rabu (7/2/2024).

Ditanya apakah ada arahan pencoblosan surat suara dari pasangan calon (paslon) nomor urut 03, Ganjar menegaskan arahan semacam itu tidak pernah ada.

“Kami masih waras soal itu, pada soal itu kami tidak pernah mengintimidasi. Kami tidak punya alat itu dan kalau ada kecurangan silakan periksa,” ucap Ganjar.

Sebelumnya dilansir detikNews, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming menduga kecurangan surat suara di Tempat Pemungutan Surat Suara Luar Negeri (TPSLN) di Malaysia melibatkan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) dan pegawai Kedubes RI di Malaysia.

“Kami duga kuat aktivitas pencoblosan ini melibatkan Petugas Pemilihan Luar Negeri (PPLN)dan oknum pegawai Kedutaan Besar Republik Indonesia di Malaysia. Kami meminta Bawaslu menindaklanjuti masalah ini secara hukum dan kami pun akan membuat laporan resmi ke Bawaslu RI sore ini juga,” kata Wakil Ketua TKN Habiburokhman kepada wartawan, Selasa (6/2/2024), dikutip dari detikNews.

Habiburokhman menyebut pihaknya mendapat informasi dugaan kecurangan itu berupa foto dan video. Dia menjelaskan surat suara itu sudah kondisi tercoblos pada pasangan nomor urut 3 Ganjar-Mahfud.

“Kami mendapat informasi yang amat dapat dipercaya soal dugaan adanya aktivitas pencoblosan ribuan surat suara secara ilegal untuk pemilih luar negeri di Malaysia. Informasi tersebut disertai dengan bukti sejumlah foto dan video yang menunjukkan sejumlah orang melakukan pencoblosan surat suara legislatif dan surat suara pilpres paslon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud,” kata dia.

Habiburokhman lantas mengajak semua pihak melaksanakan demokrasi dengan beretika dan jujur. Dia mengingatkan jangan sampai terjadi kecurangan dalam proses pencoblosan pemilu.

0 Response to "Ganjar Pranowo Buka Suara Terkait Dugaan Kecurangan Surat Suara Tercoblos 03 di Malaysia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel