Ganjar Pranowo dan Mahfud MD Memperagakan Bahasa Isyarat Saat Datang ke Panggung Debat Capres, Berikut Artinya



Pasangan calon (paslon) nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memperagakan bahasa isyarat saat memasuki panggung debat capres terakhir.

Pada debat capres terakhir, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tampil nyentrik dengan mengenakan jaket ala pemain baseball di atas panggung.

Jaket ala baseball yang dikenakan keduanya bernuansa hitam putih dilengkapi dengan tulisan ‘TasTes’ di bagian belakang dan dada.

Di bagian lengan terdapat tulisan program mereka yakni ‘internet gratis’ dan nomor ‘3’ yang besar dengan warna pink di bagian punggung.

Begitu berada di panggung debat, Ganjar dan Mahfud menggerakkan jarinya membentuk huruf isyarat S’ dan ‘T’ yang merujuk pada “Sat Set” dan “Tas Tes”.

Saat memperagakan bahasa isyarat, keduanya juga sambil menggerakkan bibir mengucap “Sat Set” dan “Tas Tes” seperti dalam tayangan yang diunggah kanal Youtube KPU RI.

“Sat Set” dan “Tas Tes” diketahui secara luas sebagai slogan paslon nomor urut 3 ini.

Maksud ini memang seperti yang juga disampaikan dalam cuitan media sosial akun X @TPNGanjarMahfud.

“Masuki Arena Debat, Ganjar-Mahfud Sampaikan Slogan Sat Set Pakai Bahasa Isyarat,” cuitnya.

Usai memeragakan slogannya dalam bahasa isyarat, Ganjar dan Mahfud menampilkan pose ala musisi metal dengan menampilkan ibu jari, telunjuk, dan kelingking.

Tidak hanya berarti salam tiga jari yang memang merupakan nomor urut paslonnya, melainkan mengandung makna lain pula.

Pose ala metal ini juga dikenal dalam bahasa isyarat sebagai ungkapan atau ucapan yang berarti ‘I Love You’, atau ‘aku cinta kamu’ dilansir Kilat.com dari laman Hearing Like Me.

Jari kelingking untuk mengisyaratkan huruf ‘I’. Jari telunjuk dan jempol mengisyaratkan huruf ‘L’. Jari kelingking dan jempol mengisyaratkan huruf ‘Y’.

Dalam penyampaiannya, pemberi pesan dianjurkan untuk sembari tersenyum yang dianggap simbol kebahagiaan.

Seperti yang dilakukan Ganjar dan Mahfud yang sama-sama tersenyum kala menyampaikan cintanya kepada kalangan tuli.

0 Response to "Ganjar Pranowo dan Mahfud MD Memperagakan Bahasa Isyarat Saat Datang ke Panggung Debat Capres, Berikut Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel