Ganjar Pranowo Kenalkan Sat Set Box, Alat Internet Gratis yang Menjadi Program Unggulannya



Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo memperkenalkan sebuah alat yang disebutnya sebagai solusi kesenjangan internet.

Nama perangkat itu ialah Sat Set Box. Alat tersebut, dikatakan Ganjar merupakan karya inovasi dari mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Jadi terkait dengan internet gratis kami sudah punya peralatan yang kita sebut sebagai Sat Set Box gitu ya. Sat Set Net,” kata Ganjar saat konferensi pers usai debat Capres 2024 di JCC, Jakarta, Minggu (4/2).

Hanya saja, Ganjar tak menjelaskan secara rinci bagaimana alat tersebut bekerja. Mantan Gubernur Jawa Tengah ini pun menyebutkan bahwa perangkat itu tak perlu memakai pulsa alias internet. Perangkat itu berbentuk seperti routers atau modem, karena terdapat antena.

“Ini bisa dipakai tanpa pulsa. Ini sudah kita pasang di beberapa sekolahan. Sekolahan dulu. Jadi siswa dan guru bisa mengakses seluruh materi yang ada dan mereka bisa chit-chat di sini. Kita pamerkan kepada publik bahwa kita bisa melakukan percepatan banyak hal,” ucap Capres Ganjar Pranowo.

Lantas, bagaimana cara kerja Sat Set Box yang dipamerkan Ganjar?

Sekretaris Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Zulfadly Syam menduga, alat Sat Set Box yang dipamerkan Ganjar itu barangkali mirip seperti perangkat entertainment di pesawat terbang.

“Untuk konsep belajar bisa jadi ini semacam cache dari materi pelajaran. Seperti server mobile, yang di dalamnya ada beberapa konten pembelajaran. Mirip seperti entertainment di pesawat Super Air Jet, Batik, atau Pelita,” ungkap Zul kepada Merdeka.com, Senin (5/2).

“Para penumpang bisa akses podcast, video, film yang sudah dimasukkan ke alat tersebut. Kesannya tanpa internet. Internet dibutuhkan hanya saat update saja. Bayangan saya mungkin seperti itu ya,” ungkap Sekretaris Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Zulfadly Syam.

Sebagaimana diketahui, Capres Ganjar memiliki program internet cepat dan gratis. Salah satu upaya memuluskan program itu ialah dengan alat Sat Set Box tersebut.

0 Response to "Ganjar Pranowo Kenalkan Sat Set Box, Alat Internet Gratis yang Menjadi Program Unggulannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel