Ganjar Pranowo Komitmen Berikan Bunga Pinjaman Pendidikan 0 Persen Usai Ramai Kasus Pinjol ITB




Kasus skema pembayaran kuliah melalui pinjaman online (pinjol) yang dilakukan Institut Teknologi Bandung (ITB) ramai diperbincangkan masyarakat. Skema ini muncul karena 120 mahasiswa ITB mengalami tunggakan uang kuliah tunggal dan terancam cuti kuliah.

Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo pun merespons hal ini. Dia berjanji bunga pinjaman pendidikan harus 0 persen. Selain itu, dia juga memastikan pihaknya akan memperluas serta mempermudah beasiswa pendidikan.

“Ini komitmen Ganjar-Mahfud, bunga pinjaman pendidikan harus 0%. Program “Satu Keluarga Miskin Satu Sarjana”, “SMKN Gratis Lulus Langsung Kerja”, “Sekolah Gratis Bebas Pungli”, “Gaji Guru Naik”, “Dana Riset Ditambah hingga 1% PDB”, dan “Memperluas serta mempermudah Beasiswa Pendidikan” juga akan kami laksanakan, Gasspoll,” kata Ganjar dikutip laman X resminya @ganjarpranowo, dikutip Rabu (31/1/2024).

Cuitan tersebut menanggapi pertanyaan pengguna X @obedkresna yang mempertanyakan praktik kredit pendidikan dengan bunga.

“Soal student loans. Temen-temen sudah tolak ide ini sejak 2018. Praktik kredit pendidikan dgn bunga melanggar pasal 76 UU Dikti 12/2012. Pinjaman pendidikan itu harus tanpa bunga. Pak Ganjar setuju, gak boleh ada pinjaman pendidikan berbunga. Harus 0%,” tulisnya.

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menegaskan layanan pinjol untuk pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) oleh PT Inclusive Finance Group (Danacita) tak menyalahi aturan.

Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan dan Komunikasi OJK, Aman Santosa mengatakan pihaknya telah memanggil Danacita pada 26 Januari 2024 untuk meminta penjelasan permasalahan tersebut.

Diketahui bahwa Danacita merupakan Penyelenggara Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI) yang telah memperoleh izin (legal) dari OJK tanggal 2 Agustus 2021 dan memiliki bisnis utama memberikan layanan pembiayaan pendidikan.

“Menurut keterangannya, Danacita telah melakukan kerja sama dengan ITB dalam rangka penyediaan fasilitas pendanaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk mahasiswa ITB,” ujar Aman dikutip Jumat (26/1/2024).

0 Response to "Ganjar Pranowo Komitmen Berikan Bunga Pinjaman Pendidikan 0 Persen Usai Ramai Kasus Pinjol ITB"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel