Ganjar Pranowo Komitmen Berikan Pendampingan Kepada UMKM Agar Naik Kelas



Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo akan memberikan pendampingan dan modal bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar naik kelas dan dapat mengekspor produk ke luar negeri.

Mantan gubernur Jawa Tengah ini juga akan melakukan kerja sat set agar nelayan sejahtera.

Dia mengaku sering mendengar keluhan pelaku UMKM saat berkeliling Indonesia. Mereka meminta agar usahanya dapat naik kelas.

“Ketika kami bertemu dengan pelaku para UMKM jeritan mereka mirip seperti yang disampaikan, ‘Pak Ganjar apakah UMKM kami bisa naik kelas dan bisa ekspor?’ Jawabannya adalah bisa,” kata Ganjar pada Hajatan Rakyat Banyuwangi, Kamis (8/2).

Ganjar mengatakan UMKM butuh peningkatan kapasitas, pelatihan, akses permodalan serta pendampingan. Dirinya optimistis UMKM bisa naik kelas jika hal-hal tersebut terpenuhi.

Ganjar mencontohkan saat menjadi Gubenur Jawa Tengah (Jateng). Dirinya berhasil membuat UMKM Jateng naik kelas.

“Dan Alhamdulillah ketika amanah sebagai Gubernur dibuktikan kepada saya di Jawa Tengah UMKM-nya sudah eskpor ke Osaka, UMKM-nya sudah ekspor ke Belgia, UMKM-nya sekarang sudah jualan di Perancis karena kita mendampingi mereka memberikan pendampingan dan akses permodalan,” kata dia.

Berbekal pengalaman tersebut, Ganjar, bersama Mahfud MD, akan mewujudkan UMKM Indonesia naik kelas.

“Maka insya Allah Ganjar-Mahfud juga akan membawa itu,” kata Ganjar.

Selain pelaku UMKM, Ganjar juga mendengar banyak keluhan dari para nelayan. Keluhan tersebut di antaranya mengenai kuota BBM dan alat tangkap.

“Dan pada saat saya ada di Lampung mereka menyampaikan satu, ‘Pak Ganjar perizinannya tolong dipermudah, penjualannya bisa gampang, harganya bisa terjangkau.’ Dan itulah pekerjaan sat set yang bisa kita lakukan,” katanya.

0 Response to "Ganjar Pranowo Komitmen Berikan Pendampingan Kepada UMKM Agar Naik Kelas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel