Ganjar Pranowo Komitmen Membawa UMKM Mendunia dan Memfasilitasi Disabilitas Sampai Akses Pendidikan Gratis



Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, menegaskan komitmennya untuk memfasilitasi dan memberikan kesejahteraan bagi kaum disabilitas di Indonesia. Menurutnya, ini sangat penting untuk memberikan kesetaraan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Tak hanya itu, Ganjar juga berkomitmen untuk memberikan pendidikan gratis bagi anak-anak Indonesia. Selain itu, mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut berjanji akan memudahkan mereka mendapatkan lapangan pekerjaan, serta akan membawa UMKM Indonesia ke kancah dunia.

Hal itu diungkapkan Ganjar saat bersama penyandang disabilitas, lulusan SMK Jateng dan pelaku UMKM dalam acara ‘Hajatan Rakyat’ di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (10/2/2024). Awalnya, Ganjar memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas, lulusan UMKM Jateng hingga pelaku UMKM untuk menyampaikan harapannya.

“Mendapatkan masukan agar aksibilitas untuk penyandang disabilitas agar setara,” ujar Ganjar.

Setidaknya, sekitar 150 penyandang disabilitas hadir dalam ruangan khusus yang telah disediakan panitia. Mereka hadir sebagian besar dari Jawa Tengah, seperti Demak, Semarang, Pekalongan, Salatiga hingga Yogyakarta.

Selain itu, Rayhan seorang lulusan SMK di Jawa Tengah, mengaku telah bekerja dan telah mendapatkan penghasilan sendiri. Ini merupakan manfaat yang didapatkannya usai mendapatkan pendidikan gratis dari sekolah yang digagas Ganjar.

Terkait dengan keberhasilannya mempelopori sekolah gratis bagi yang tidak mampu, Ganjar akan melanjutkannya, di mana sekolah gratis bagi anak sekolah dan langsung kerja. Kemudian, satu keluarga miskin satu sarjana demi meningkatkan pendidikan anak bangsa.

“Ganjar Mahfud punya program satu keluarga miskin satu sarjana. Kita sudah praktekkan bahwa dengan SMK saja tidak ada yang nganggur, sekolah langsung kerja,” kata Ganjar.

Sementara itu, Yani Mardianto selaku pelaku UMKM fesyen lukis asal Solo mengatakan Ganjar mempunyai kepedulian terhadap UMKM. Hal itu disampaikan atas pengalaman pribadinya selama 30 tahun menjalani usahanya di Jateng.

“Jadi, kami mintakan agar UMKM seluruh Indonesia diperhatikan. Mulai UMKM paling kecil sampai yang sudah naik kelas,” ucapnya.

Sementara itu, Ganjar menegaskan akan berkomitmen membawa UMKM naik kelas dan mampu menembus pasar internasional. Mengingat pelaku UMKM di Jawa Tengah sudah tembus pasar Eropa, Jepang hingga Paris.

“UMKM harus naik kelas, harus mendunia. Ini bisa menjadi contoh. Insyaallah kita bisa ciptakan lapangan kerja 17 juta dengan pendidikan yang baik maka orang bisa bekerja, dengan enterpreneur maka mereka juga bisa bekerja,” tuturnya.

0 Response to "Ganjar Pranowo Komitmen Membawa UMKM Mendunia dan Memfasilitasi Disabilitas Sampai Akses Pendidikan Gratis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel