Ganjar Pranowo Menceritakan Curhatan Petani: Kalau Menanam Singkong Kami Jago



Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo dalam pidatonya di Konser Salam Metal pada Sabtu (3/2/2024) mengaku kerap bertemu dengan sejumlah petani di daerah. Dia sering mendapat curhat dari petani yang merasa kesulitan untuk berproduksi.

“Para petani juga mengeluhkan, ‘Pak Ganjar, kami orang-orang yang siap memberikan makan untuk seluruh orang Indonesia, kami siap, tapi berilah akses pada pupuk yang cukup, pupuk yang gampang, pupuk yang tidak mahal, dan tolonglah jaga harga produk panen kami’,” ujar Ganjar.

“Dan yang luar biasa bapak ibu, kawan-kawan mereka menyampaikan kepada kami, ‘Pak Ganjar kalau hanya menanam singkong saja, kamilah ini jagonya, kamilah yang sanggup untuk membereskan itu,” sambungnya.

  1. Dapat keluhan dari petani sawit

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengaku kerap mendapat keluhan dari para petani sawit mengenai masalah lahan. Petani ingin masalah tersebut bisa segera selesai.

“Para petani sawit kita berharap betul persoalan lahan secepatnya agar mereka bisa bertani lebih baik, mereka juga berharap pandan buah segarnya terlindungi,” kata dia.

  1. Ganjar sebut Indonesia sedang tidak baik-baik saja, masyarakat cemas

Sebelumnya, Ganjar menilai kondisi bangsa saat ini yang sedang tidak baik. Menurut dia, masyarakat sedang cemas.

“Kami melihat kita sedang tidak baik-baik saja, kecemasan di masyarakat muncul, mereka berharap pemilu kali ini inginkan nasib mereka jauh lebih baik,” ujar Ganjar dalam kampanye akbar Konser Salam Metal 3 Menang Total di Senayan, Jakarta, Sabtu (3/2/2024).

Ganjar mengatakan bahwa dia dan Mahfud MD telah berkeliling ke 315 lokasi di Indonesia. Masyarakat punya keluhan yang berbeda-beda.

  1. Ganjar beri contoh

Di Bekasi misalnya, anak-anak muda mengeluhkan pekerjaan yang susah didapat. Lalu, ada perempuan dan disabilitas yang menuntut kesetaraan akses.

“Ketika harga naik, beras, gula, telur, kami bertanya kepada petani, kami bertanya kepada peternak kenapa harga telurmu tidak bisa naik tapi harga jagung dari Rp5.000 jadi Rp9.000, kenapa? Kami tidak tahu pak, tolonglah pak Ganjar, tolonglah pak Mahfud agar nasib peternak rakyat itu bisa survive lagi,” ujarnya.

0 Response to "Ganjar Pranowo Menceritakan Curhatan Petani: Kalau Menanam Singkong Kami Jago"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel